Lihat ke Halaman Asli

Ozy V. Alandika

TERVERIFIKASI

Guru, Blogger

Garuda Muda, Kami Tak Akan Berhenti Berharap!

Diperbarui: 28 Juli 2019   18:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Garuda Bersua Vietnam pada laga perdana AFF U-15. (pssi.org)

Sempat membuat pecinta bola pupus harapan, akhirnya Timnas U-15 tampil gemilang di laga perdana Piala AFF.

Setelah sebelumnya mendapat hasil Negatif, kalah 0-1 kontra PPLPD Bogor pada laga uji coba, akhirnya Garuda Muda tampil apik kala bersua Vietnam pada laga perdana Piala AFF. Pada laga yang di gelar di Stadion Institute of Physical Education, Sabtu sore, Timnas U-15 membantai Vietnam dengan Skor 2-0.

Di runut dari Goal.com, Garuda Muda sejak awal langsung menerapkan permainan menyerang. Sialnya, pada menit 16, wasit memberikan penalti untuk Vietnam setelah Kadek Arel melanggar Vo Anh Quan dalam kotak penalti. Beruntungnya, I Made Putra berhasil menghalau penalti dan mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Garuda Muda akhirnya memimpin pada injury time.  Berawal dari permainan cantik one two pass, Muhammad Valeron berhasil menyelesaikannya dengan gol sepakan cantik mendatar. Goool. Garuda unggul 1-0. Skor ini bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, U-15 langsung mampu menambah gol. Marselino akhirnya membuat Nguyen Quang Truong memungut bola untuk kedua kalinya. Goool. Skor 2-0 bertahan hingga peluit akhir. Berkat kemenangan ini, U-15 berhak menempati posisi kedua klasemen Grup A. Sedangkan posisi pertama di tempati Timor Leste yang unggul selisih gol setelah membantai Filipina dengan skor 7-1.

Berkat hasil ini, optimis pecinta Timnas agaknya terpompa kembali. Bagaimana tidak, beban Garuda Muda kali ini lebih berat karena berstatus juara bertahan. Ke-optimisan masyarakat pun bertambah karena beberapa bulan yang lalu PSSI sudah memulai Kick Off liga U-16. Tentu saja Bima Sakti tidak perlu keliling pulau Indonesia untuk mencari bibit-bibit Garuda masa depan.

Meski demikian, kita tidak usah terlalu membebani Garuda Muda dengan kewajiban "harus juara". Kita sebagai bangsa yang nasionalis sudah sepatutnya mendukung Timnas U-15 dengan mendoakan mereka. Menang atau kalah itu wajar. Jika menang jangan terlalu tinggi menyanjung, karena mereka bisa terbuai dengan pujian. Dan jika kalah jangan terlalu di cela, karena mereka akan "ciut" hatinya.

Dan yang terpenting adalah, kita sebagai bangsa Indonesia tidak boleh berhenti berharap atas kesuksesan Garuda Muda. Setiap laga memang tidak ada yang mudah, maka dari itu Garuda Muda diharapkan dapat memetik pengalaman bertanding untuk menampilkan permainan yang lebih apik di masa mendatang.

Ayo Garuda Muda, lanjutkan perjuanganmu...

Salam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline