Lihat ke Halaman Asli

Melepas Keberangkatan Team Ekspedisi Ring Of Fire Adventure

Diperbarui: 27 Januari 2016   01:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sudah 10 hari sejak peristiwa itu terjadi. Baru aku ketik cerita ini,...

Adalah suatu kesempatan emas dipercaya oleh team ekspedisi Ring of Fire Adventure untuk meliput keberangkatan mereka dalam tema Return to The East. Cerita tentang seorang ayah yang mengenalkan kekayaan negeri ini kepada anak-anaknya. Konsep yang sederhana tapi menyentuh menurut saya, berbeda dengan TV Program berbau petualangan yang lainnya. 

Saya kutip hasil wawancara dengan Om Youk Tanzil yang menjadi 'kepala suku' para Rofers (Ring of Fire Lovers) 

"Misi Rofa sebetulnya sederhana, ingin memberikan sebuah warisan kepada putra-putri saya, sesuatu yang lebih dari sekedar materi, apa itu?

Pada awal kenyataannya ketika mereka tidak mengenal tanah airnya, tetapi mengenal wilayah negara lain.  Mengajak mereka untuk melihat, mengenal dan mengerti akan tanah airnya.

Karena hanya melalui proses ini setiap orang akan melahirkan nasionalisme, baru nantinya akan lahir patriotisme hingga berkorban untuk bangsa dan negara."

http://rakyat.co/visual/persiapan-ekspedisi-ring-of-fire-adventure/

Saya jadi teringat ketika masih aktif mengunakan YM! ... saat itu berbincang dengan seorang warga Amerika, dan dia bertanya "tell me about your country" ... pada saat itu setahun setelah bom Bali pertama kalau tidak salah ingat. Saya bingung menjawab pertanyaan sederhana nan kompleks itu. Dan sejak itu, saya sebagai anak Jawa yang merasa kehilangan ke-Jawaan saya, merasa malu. Saya berubah, ingin mempelajari apa yang dekat dengan saya, apa warisan leluhur saya. Jangan sampai halaman rumah saya mereka yang ceritakan. 

Terlalu naif mungkin, tapi tak apa. 

Kembali pada cerita RoFA (Ring of Fire Adventure) yang menumbuhkan rasa nasionalisme melalui tayangan yang rencananya akan ditayangkan di Kompas TV nanti, team ekspedisi ini akan bertolak menuju NTT dan titik berangkatnya dari Bali. Tentu hasil jelajah mereka yang menggunakan sepeda motor diharapkan akan lebih detail menceritakan kekayaan alam, budaya, cerita selama perjalanan dan berbagai kesulitan beserta solusinya. Karena yang saya tahu dalam sebuah perjalanan pasti ada cerita menarik didalamnya.

Berikut video liputan keberangkatan Return to The East RoFA.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline