Lihat ke Halaman Asli

Tegina pebiana

Mahasiswa uin mataram

Bagaimana Toxic Itu?

Diperbarui: 17 Oktober 2022   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Toxic adalah istilah yang di ambil dari bahasa Inggris. Toxic artinya dalam bahasa Indonesia yaitu beracun atau racun. Penggunaan kata toxic ini identik dengan suatu zat yang beracun atau obat yang mengandung racun. Namun, toxic artinya berbeda dalam penggunaannya dalam bahasa gaul.

Dilansir dari kamus online Merriam Webster, toxic merupakan kata dalam Bahasa Inggris yang berarti racun Selain itu, toxic juga memiliki makna mengandung atau menjadi bahan beracun yang mematikan, sangat berbahaya, sangat menyakitkan (Lainufal, 2022).

Sedangkan menurut kamus online Thesaurus, sinonim dari kata toxic adalah berbisa, mematikan, berbahaya. Lebih lanjut, maknanya dalam bahasa gaul di Indonesia tidak jauh berbeda dengan maknanya dalam Bahasa Inggris. Dalam bahasa gaul, toxic merujuk pada sifat atau perbuatan yang mengganggu atau merugikan orang lain. Memiliki makna yang negatif, kata toxic ini biasanya di sematkan pada seseorang dan sebuah hubungan.

Entah mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa maupun orang tua. Meski yang paling mendominasi adalah remaja. Tentu hal yang mempengaruhinya adalah lingkungan. Apalagi dengan semakin berkembangnya zaman, semakin banyak orang-orang yang menggunakan bahasa toxic, bahkan ada yang hanya menggunakannya tanpa tau apa yang ia sebutkan. Mirisnya Indonesia, bahasa yang baik dan benar saja semakin hari semakin tertelan zaman.

Kata toxic mengandung arti sesuatu yang diucapkan atau yang disampaikan itu merupakan suatu yang kasar. maksudnya, ketika kita mengatakan bahwa si A adalah orang yang toxic, makaitu artinya si A ini sering berucap atau berkata yang kasar dan sering menggunakan kata makian.

Bila kita menggunakan kata-kata toxic baiknya berhati-hati atau lebih baik lagi bila kita tidak menggunakannya karena hal itu bisa membuat hati terluka dan bisa saja sebuah hubungan hancur karenanya.

Berbagai macam kasus terjadi di masyarakat hanya di karenakan mulut yang tidak bisa di jaga saat berucap.

Toxic tidak hanya berupa ucapan tapi toxic ada yang berupa isyarat, ada pula sebutan toxic relationship yaitu hubungan yang tidak saling medukung satu sama lain. Kemudian ada juga Toxic famliy ialah sikap atau ucapan yang beracun dalam artian lain yang menyakiti perasaan keluarga.

Apa pun itu, bila di depannya ada kata Toxic maka itu sudah mewakili kata-kata yang buruk atau tidak baik.

Selain itu, istilah toxic ini juga kerap di temui di beberapa pltfrom game online. Pasti kalian kalian pernah mendengar atau melihat stramer game yang kerap berkata kasar dan jorok selama streaming game, itulah yang di namakan toxic gamer.

Sesuatu seperti ini tidaklah baik untuk ditiru atau di ikuti, sayangnya anak-anak jaman sekarang malah menganggap kata atau kalimat toxic hanya sebatas ucapan biasa yang tidak mengandung apa pun. Padahal jika kita memahami arti dari kata toxic itu sungguh tidak baik di ucapi oleh lidah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline