Lihat ke Halaman Asli

Kegunaan Unik Pantat

Diperbarui: 24 September 2017   01:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Operasi plastik sekarang ini sudah menjadi hal yang sangat umum terutama bagi para wanita. Operasi plastik awalnya hanya bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang biasa diakibatkan oleh beberapa kecelakan. Operasi plastik biasa dilakukan pada bagian tubuh tertentu yang dapat diganti oleh jaringan lain maupun silikon. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apakah benar bahwa jaringan di pantat paling cocok digunakan untuk operasi plastik.

Pengertian jaringan secara umum adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk sama yang berkumpul dan bekerja sama. Jaringan pada umumnya dibagi menjadi 4 bagian besar

Jaringan pertama adalah jaringan epitel, jaringan ini biasa berguna sebagai penutup di bagian luar maupun bagian dalam tubuh manusia. Penutup bagian luar contohnya adalah kulit kita. Penutup bagian dalam biasa ada di setiap organ-organ tubuh manusia yang melindungi organ-organ seperti paru-paru, usus, lambung, dan lain-lain. Selain sebagai penutup, jaringan ini juga bisa berfungsi untuk ekskresi dan sekresi.

Jaringan kedua adalah jaringan ikat, jaringan ikat merupakan jaringan yang kegunaannya sesuai dengan namanya. Jaringan ini berfungsi untuk mengikat antar jaringan atau menghubungkan jaringan satu dengan yang lainnya. Contoh jaringan ikat adalah jaringan ikat lemak, jaringan ikat tulang, dan lain-lain.

Jaringan ketiga adalah jaringan saraf saraf merupakan jaringan yang sangat penting. Jaringan ini paling sering ditemukan di otak dan di sumsum tulang belakang. Fungsi dari jaringan ini adalah mengubah rangsangan dari luar menjadi impuls yang kemudian akan diteruskan menuju otak. Dalam perjalanan menuju otak impuls ini diterjemahkan sehingga saat sampai otak, otak akan menyuruh organ yang dibutuhkan untuk bergerak.

Jaringan terakhir adalah jaringan otot. Jaringan ini ada di seluruh bagian tubuh manusia. Jaringan otot inilah yang biasa disebut sebgai daging. Jaringan ini mampu berkontraksi dan berelaksasi. Kegunaan dari jaringan ini adalah untuk mengisi tubuh dan juga berfungsi agar manusia dapat menjalankan aktivitasnya. Tanpa jaringan otot manusia tidak dapat bergerak ataupun melakukan suatu aktivitas. Jaringan otot dibagi menjadi 3 yaitu otot lurik yang dapat digerakkan secara sadar dan otot jantung serta otot polos yang bergerak secara automatis atau secara tidak sadar.

Setelah kita mempelajari jaringan-jaringan yang ada dalam manusia sekarang kita akan berpindah mengenai apa itu operasi plastik sendiri dan apa fungsi dari operasi plastik.

Operasi plastik merupakan pemulihan, rekonstruksi, atau perubahan tubuh manusia melalui operasi. Operasi plastik dikategorikan menjadi 2 yaitu operasi plastik kecantikan dan operasi plastik rekonstruktif. 

Operasi plastik rekonstruktif dilakukan untuk memperbaiki gangguan fungsional yang disebabkan oleh luka bakar; luka traumatis, seperti patah tulang wajah dan pecah; Kelainan kongenital, seperti palang sumbing atau bibir sumbing; kelainan perkembangan; infeksi dan penyakit; dan kanker atau tumor. Operasi plastik rekonstruktif biasanya dilakukan untuk memperbaiki fungsi, hal itu biasa dilakukan untuk mendekati penampilan normal. Operasi ini biasa dilakukan dengan cara mengambil salah satu bagian tubuh yang paling mudah untuk diambil lalu diperbaiki dengan menjahit untuk menghubungkan lagi antara vena dan arteri.

Bedah kosmetik atau operasi plastik kecantikan adalah operasi opsional yang dilakukan pada bagian normal tubuh dengan satu-satunya tujuan memperbaiki penampilan seseorang atau menghilangkan tanda-tanda penuaan. Hal ini sekarang marak dilakukan oleh masyarakat walau biaya yang dibutuhkan sangatlah mahal dan resiko yang burukpun sangatlah berbahaya.

Saya akan mulai membahas lanjut untuk menjelaskan tema "apakah jaringan pada pantat paling cocok digunakan untuk melakukan operasi plastik?" Menurut saya sendiri jawabannya adalah ya, beberapa ini adalah argumen yang dapat saya berikan untuk memperkuat opini saya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline