Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Menakar Dampak Nomor Urut bagi Pasangan Calon di Pilkada Tana Toraja 2024

Diperbarui: 30 September 2024   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengundian nomor paslon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja 2024. (Sumber: KPU Kabupaten Tana Toraja)

KPU Kabupaten Tana Toraja telah menuntaskan pengundian nomor urut pasangan calon bupati/wakil bupati pada tanggal 23 September 2024 yang lalu. Pasangan Zadrak Tombeg & Erianto Laso' Paundanan (Zatria) mendapatkan nomor urut 1; dan pasangan Victor Datuan Batara & John Diplomasi (VISI) mendapatkan nomor urut 2.

Kedua nomor ini bukan sekadar nomor urut saja. Bagi kedua paslon, memiliki arti tersendiri. Sementara bagi calon pemilih, nomor 1 dan 2 seringkali dikaitkan dengan keberuntungan. Intinya, kedua nomor ini mudah disosialisasikan kepada calon pemilih. Cukup pilih satu saja, nomor 1. Kira-kira demikian.

Nomor urut 1 bagi pasangan Zadrak Tombeg & Erianto Laso' Paundanan sangat mudah untuk disosialisasikan. Cukup tunjukkan 1 jari telunjuk. Nomor 1 juga bisa menjadi visi pencapaian khusus bagi Zadrak Tombeg. Beliau kini sudah dua kali mencalonkan diri sebagai calon bupati dan sudah waktunya melenggang ke kursi nomor 1. 

Potensi pasangan Zatria memenangkan Pilkada Tana Toraja sangat besar. Apalagi saat ini, beliau juga adalah wakil bupati Tana Toraja periode 2020-2024. Hubungan emosionalnya dengan para ASN sudah terpeliharan selama kurang lebih 4 tahun. 

Erianto juga demikian. Beliau adalah Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja. Sudah mulai dikenal oleh masyarakat Tana Toraja. Tambahan pula, setiap saat, baik Zadrak Tombeg maupun Erianto selalu aktif dalam kegiatan sosial masyarakat. Mereka tak segan untuk hadir pada acara kedukaan dan acara-acara lainnya. Dari berbagai survei pun, pasangan ini sementara unggul. 

(Sumber: Dokumentasi Tim Zatria)

Selain mendapatkan dukungan partai politik gemuk, pasangan Zatria juga mendapatkan dukungan dari eks bupati Tana Toraja dua periode, Johanis Amping Situru'. Salah satu tokoh Partai Gerindra Kabupaten Tana Toraja ini masih diyakini sangat ulet dalam berpolitik dan memiliki banyak loyalis yang siap memenangkan Zatria.

Dari kekuatan tim pemenangan, Zatria dikomandoi oleh salah satu tokoh Gereja Toraja, yakni Pdt. Anggui. Seperti diketahui bahwa Gereja Toraja adalah komunitas gereja terbesar di Tana Toraja. Tentunya, ini akan makin memperbesar peluang Zadrak Tombeg untuk melenggangkan ke kursi nomor 1 Tana Toraja. Beliau sendiri berasal dari Gereja Kibaid, komunitas gereja terbesar kedua di Tana Toraja.

(Sumber: Dokumentasi Gamal Mangesa')

Nomor urut 2 yang didapatkan pasangan Victor Datuan Batara (VDB) dan John Diplomasi tentunya membawa makna yang sarat pula. VDB adalah mantan wakil bupati pada periode sebelumnya (2015-2020) ketika berpasangan dengan Nico Birongkanae.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline