Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Solusi Belanja Kebutuhan Harian yang Terjangkau di Kota Jeju

Diperbarui: 30 September 2024   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cabang Martro Supermarket di kota Jeju. (Sumber: Dokumentasi Pribadi).

Tinggal dan hidup di kota Jeju, Korea Selatan tidak semudah yang terjadi di Indonesia. Hampir semua kebutuhan harian berbayar. Termasuk belanja air minum. 

Satu botol air minum ukuran 1,5 liter seharga 1.000 Krw (Rp 11.3900 kurs 1 Krw= Rp 11,39). Untuk air minum, bisa dimasak di kamar apartemen. Bahkan membuang sampah pun harus membayar. Singkatnya, yang gratis hanya nafas dan udara. 

Saat ini sudah memasuki minggu keempat saya tinggal di kota utama Pulau Jeju untuk menjalankan tugas mengajar di Jejuseo Middle School dalam rangka program Pertukaran Guru Asia Pasifik tahun 2024. 

Tantangan utama saya secara pribadi adalah bagaimana berbelanja kebutuhan harian untuk masak-memasak.

Meskipun kuliner Korea Selatan seperti magnet yang mencari besi ketika menonton video vlog, tetapi pada kenyataannya, jika menggantungkan diri terus pada belanja makan setiap hari, maka tentunya akan berdampak pada ketersediaan biaya hidup bulanan.

Apalagi sebelum menerima transferan stipend atau living expenses dari APCEIU-UNESCO lewat Korea Post, saya benar-benar harus menghemat biaya hidup pada 2 minggu pertama kedatangan saya di kota Jeju.

Aneka bumbu dapur dan sayuran di Martro. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Sebagai orang Indonesia, lidah ke-Nusantaraan saya masih melekat kuat hingga saat ini. Rasa pedas khas Indonesia yang paling saya idamkan. 

Harus saya akui pula bahwa beberapa jenis kuliner Korea Selatan sangat nikmat tiada duanya, tapi saya cenderung tertarik pada makanan yang memang pedas. 

Akan tetapi saya juga wajib mempertimbangkan harga yang tergolong mahal. Untuk makanan termurah kelas warteg Indonesia senilai 5.000 Krw (Rp 56.950 kurs 1 Krw= Rp 11,39). Jika ingin menikmati sajian seafood dan olahan daging, maka perlu merogoh kocek minimal 10.000 Krw.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline