Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Golden Bell, Kuis Bahasa Inggris yang Menguji Pengetahuan Umum Siswa Korea Selatan

Diperbarui: 13 September 2024   13:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa menunjukkan jawaban kuis bahasa Inggris pada kegiatan Golden Bell. (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Kuis pada hakikatnya adalah pertanyaan singkat dalam bentuk pernyataan benar-salah, pilihan ganda, isian singkat, dll. Kuis biasanya diadakan untuk memberikan hadiah atau doorprize pada sebuah kegiatan. 

Istilah yang digunakan untuk pertanyaan berupa kuis pun sangat beragam. Semua negara memiliki istilah khusus tentang kuis ini. Misalnya, di Indonesia ada kuis Family 100. Dalam praktiknya, kuis itu menyenangkan, menantang dan ada hadiahnya.

Di Korea Selatan, khususnya di tingkatan sekolah saya mendapatkan sebuah pengalaman baru mengenai penerapan kuis sederhana yang mengundang banyak peserta, menguji pengetahuan dan tidak ada doorprize, melainkan piagam penghargaan. Pelaksanaannya bagi unik, kreatif dan membuat siswa benar-benar menikmati suasananya.

Golden Bell, demikianlah nama kuisnya. Ini adalah kegiatan tahunan yang hanya dilakukan sekali setahun di Jejuseo Middle School. 

Pada program pertukaran guru Asia Pasifik tahun 2024, saya bersama rekan guru dari Indonesia . M. Jufrianto ditempatkan di Jejuseo Middle School. 

Nah, kami sangat beruntung. Kami diundang untuk mengikuti kegiatan kuis Golden Bell. Bahkan kami diminta membuat soal dan membacakannya di depan peserta. Adapun soal yang diminta terkait dengan Indonesia. Pertanyaannya seputar mata uang, ibu kota negara dan objek wisata. Saya diberikan mandat membacakan satu soal untuk siswa. 

Soal kuis yang saya buat terkait nama pulau yang paling populer bagi warga Korea. Sudah pasti jawabannya adalah pulau Bali. Sambutan mereka sangat luar biasa dan antusias. 

Peserta kuis Golden Bell adalah semua siswa dari kelas 1-3 yang memiliki minat dalam bahasa Inggris. Para siswa akan mendaftarkan diri ke guru bahasa Inggrisnya. Jadi, kuis Golden Bell ini diperuntukkan bagi semua siswa yang ingin menguji kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Pertanyaan yang muncul dalam Golde Bell ternyata tidak terkait langsung dengan materi pada bidang studi bahasa Inggris. Sumber pertanyaan berasal dari semua mata pelajaran. 

Ada pertanyaan seputar Matematika, Olahraga, IPA, IPS, dan pertanyaan umum seputar Korea Selatan dan Pulau Jeju. Intinya, kuis Golden Bell adalah kuis berbahasa Inggris dengan pertanyaan seputar pengetahuan umum.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline