Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Mengenal Aktifitas Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah di Sekolah Korea Selatan

Diperbarui: 4 September 2024   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan plakat sekolah kepada pimpinan Jejuseo Middle School. Sumber: dok.pribadi.

Annyeong haseyo.

Selamat pagi dari Jejuseo Middle School.

Memasuki hari ketiga penugasan di Jejuseo Middle School, Pulau Jeju, Korea Selatan, terdapat beberapa pembelajaran penting yang saya dapatkan melalu pengamatan langsung di sekolah. 

Sebelumya, saya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Dirjen GTK Kemdikbudristek RI yang telah memilih saya mejadi bagian dari 14 guru Indonesia yang terlibat dalam program Asia Pacific Teacher Exchange (APTE), Korea - Indonesia Teacher Exchange Program (KITEP) yang diprakarsai oleh APCEIU (Asia Pacific Center of Education for International Understanding) - UNESCO.

Kali ini saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dari sisi kepemimpinan kepala sekolah, Mr. Kang Moon Sik, selaku the principal di Jejuseo Middle School . Ia tidak hanya mengurus manajemen sekolah dari balik meja. Ia berusaha berbaur langsung dengan kelaurga besar sekolah yang mana siswanya ribuan dan ratusan guru. 

Mr. Kang Moon Sik, selalu setia menunggu para siswa dan guru-guru di depan pintu gerbang sekolah. 

Ia tidak hanya berdiri saja memberikan salam, "Annyeong" kepada siswa atau "Annyeong haseyo" kepada para guru dan staf pegawai. Ia senantiasa bergerak di depan pintu gerbang yang berhadapan langsung dengan jalan utama di kota Jeju.

Usai memarkir mobilnya di bagian belakang sekolah, dengan penampilan yang sangat sederhana, ia langsung bergerak ke pintu gerbang sekolah.

Ia berusaha memastikan bahwa para siswa benar-benar menyeberang dengan aman pada crosswalk yang tepat ada di depan sekolah. Ia sangat ramah dalam menyapa setiap siswa dan guru.

Pukul 08:30, bel pertama tanda masuk sekolah berbunyi. Di waktu inilah ia baru meninggalkan pintu gerbang. Dan pada waktu ini pula, sudah tak ada siswa yang datang terlambat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline