Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Hati-Hati Melintas di Jalan Trans Sulawesi

Diperbarui: 28 Juli 2024   06:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perbaikan jalan di kota Pangkep. Sumber: dokumentasi pribadi. 

Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas layananan kepada masyarakat. Salah satunya lewat peningkatan mutu jalan dan perbaikan jalan. 

Berbagai daerah rutin melakukan perbaikan jalan nasional. Perbaikan dilakukan karena usia jalan dan efek bencana alam. 

Jalan trans Sulawesi ruas Makassar menuju kota Pare-Pare saat ini sedang mengalami perbaikan jalan secara berkala. Dimulai dari kota Makassar menuju Maros. Peningkatan mutu jalan berupa pengerukan aspal dan pengaspalan ulang sedang berlangsung. 

Kondisi ini tentunya sedikit mempengaruhi mobilitas pengendara. Perlu hati-hati di jalan lurus dua arah dan sangat padat kendaraan. 

Perbaikan jalan berupa penggalian jalan beton yang retak untuk kemudian dibeton ulang agar lebih kuat juga dilaksanakan. Excavator siap siaga bersama beberapa truk. 

Perbaikan paling masif ada di kota Pangkep. Puluhan titik penggalian jalan sedang dilakukan. Tambahan pula, lebar jalan di kota Pangkep tidak selebar jalan lainnya. Sehingga pengendara perlu berhati-hati. Hindari melaju dalam kecepatan tinggi. 

Untuk perjalanan selanjutnya melintasi Barru hingga Pare-Pare,  yang wajib diperhatikan pengendara adalah sejumlah bahu jalan yang menjadi lahan parkir sementara kendaraan truk ekspedisi. Tumpukan truk di sekitar warung dan SPBU ini sedikit mempengaruhi kecepatan kendaraan. 

Setelah melintasi kota Pinrang mengambil rute Enrekang menuju Toraja, jalan lurus dengan aspal mulus langsung memicu adrenalin untuk menekan pedal gas sekencang-kencangnya. Apalagi jalan ditunjang dengan kondisi lengang. Mudah menyalip dan sejauh mata memandang hanya jalan lurus dengan pemandangan sawah di kiri dan kanan jalan. 

Memasuki pertigaan menuju Benteng, alternatif menuju Sulawesi Barat di kampung Malimpung, tikungan mulai menyapa dan kondisi jalan yang tadinya mulus sudah mulai bergelombang. 

Sekitar 3 tahun yang lalu, jalan di lokasi ini masih mulus. Seiring perkembangan jalan mulai usur karena usia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline