Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Semifinal EURO 2024: Fokus dan Efektif, Kunci Spanyol Taklukkan Prancis

Diperbarui: 10 Juli 2024   13:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lamine Yama, Alvaro Morata dan Jesus Navas. Sumber: @EURO2024

Spanyol mengunci satu tiket final Piala Eropa 2024 setelah mengalahkan Prancis. Bermain di Allianz Arena, Munich, Rabu dini hari WIB (10/7/2024), La Furia Roja menang atas Les Bleus dengan skor tipis 2-1. 

Ketiga gol tercipta di babak pertama. Prancis memimpin terlebih dulu lewat sundulan Kolo Muani. Wonderkid timnas Spanyol, Lamine Yamal menyamakan kedudukan pada menit ke-21 melalui sebuah gol spektakuler. Empat menit berselang, Dani Olmo mencetak gol kemenangan Spanyol pada menit ke-25.

Ini adalah final kelima Spanyol yang kini pelatih Luiz De La Fuente Castillo. Pada edisi EURO sebelumnya, Spanyol masuk final pada tahun 1964, 1984, 2008 dan 2012.

Di partai final yang akan dimainkan tanggal 15 Juli 2024 mendatang di Stadion Olimpiade Berlin, Spanyol menunggu pemenang antara Inggris kontra Belanda. 

Laga semifinal antara The Three Lions melawan De Oranje akan berlangsung pada Kamis dini hari, tanggal 11 Juli 2024 di Stadion Signal Iduna Park.

Pelatih Spanyol, Luiz De La Fuente Castillo menerapkan strategi berbeda dari biasanya. Kali ini Alvaro Morata terlihat lebih fokus dan efektif dalam menghadapi pasukan Didies Deschamps. 

Secara statistik, Spanyol memang menguasai bola, tetapi tidak terlalu dominan seperti biasanya. Demikian pun dari kuantitas tembakan. Tiki-Taka khas permainan Spanyol hanya menghasilkan 6 tembakan dan 2 tembakan ke arah gawang. Dari kedua tembakan tepat sasaran inilah yang menjadi sumber gol.

Normalnya, Spanyol dan Prancis sama-sama berupaya untuk menang di mana keduanya saling berbalas serangan pada permaianan terbuka di babak pertama. 

Lamine Yamal memulainya dengan umpan silang dari sisi kiri dalam kotak penalti yang coba disundul Fabian Ruiz pada menit ke-4. Hanya saja, sundulan gelandang PSG ini masih melambung.

Prancis mengawali gol pada menit ke-8 ketika Kylian Mbappe mengirimkan umpan lambung pendek ke depan gawang Sapnyol. Kolo Muani yang berdiri agak bebas dengan leluasa menyundul bola ke gawang Unai Simon.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline