Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Apakah Sudah Waktunya Bring Home Football Untuk Inggris?

Diperbarui: 8 Juli 2024   11:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: @EURO2024

Inggris sedang menatap kembali masa "Bring Home Football." Three Lions yang dimanajeri oleh Gareth Southgate berhasil lolos ke babak. Semifinal EURO 2024.

Bermain di Esprit Arena, Dusseldorf (Minggu dini hari, 7/7/2024); Inggris sukses menyingkirkan kuda hitam penuh kejutan, Swiss melalui drama adu penalti. Inggris melenggang usai menang 5-3.

Sebelumnya, di waktu normal, Inggris dan Swiss bermain sama kuat 1-1. 

Breel Embolo memberikan angin segar kepada Swiss kala membawa Swiss memimpin di menit ke-70. Gol ini berawal dari umpan silang Dan Ndoye di depan gawang Jordan Pickford. Kawalan bek Kyle Walker yang dibelakangi Embolo terlihat renggang. Embolo lebih kuat dan mampu meciltakan skor. 

Namun, skor hanya bertahan lima menit. Penyerang muda Arsenal, Bukayo Saka berhasil menyamakan skor pada menit ke-80. Memanfaatkan umpan Declan Rice, Saka memperpanjang nafas pasukan tiga singa. 

Usai menuntaskan babak extra time 2 x 15 menit tanpa ada tambahan gol, laga dilanjutkan dengan adu penalti. Di sinilah Dewi Fortuna berpihak pada pasukan Gareth Southgate. Kelima eksekutor penalti berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. 

Penendang pertama Swiss, Manuel Akanji adalah satu-satunya eksekutor yang gagal. Pemain Manchester City ini tak mampu menjebol gawang Jordan Pickford. Dipilih pelatih Murat Yakin sebagai algojo pertama Swiss, namun Akanji justru mendukakakan keyakinan Yakin atas dirinya.

Kegagalan Akanji merespon gol Cole Palmer adalah pembeda babak adu penalti. Sisa empat penendang yang sukses tak bisa mengubah skor akhir karena kelima eksekutor Inggris mulus menjalankan eksekusinya. 

Bukayo Saka. Sumber: @EURO2024

Bukayo Saka yang mencetak gol penyeimbang di waktu normal dan juga mencetak satu gol di babak adu penalti terpilih sebagai Man of The Match. Visi bermainnya sangat nampak sepanjang laga. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline