Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

EURO 2024: Dominasi Prancis Atas Belanda Tertahan, Polandia Tersingkir

Diperbarui: 22 Juni 2024   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: AFP/ADRIEN DENNIS via KOMPAS.com

Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Jerman semakin menarik ketika memasuki matchday kedua penyisihan grup. Ada tim yang sudah memastikan lolos, ada yang masih memelihara asa dan ada pula tim yang harus pulang lebih cepat. 

Pada pertandingan penyisihan grup D, menyisakan cerita berbeda. Ada tim yang tersingkir setelah merampungkan laga kedua mereka. 

Duel sengit calon juara di grup ini yang mempertemukan Belanda versus Prancis di stadion Red Bull Arena, Leipzig (Sabtu, 22/6/2024 dini hari WIB). Laga big match ini berakhir imbang. Kedua tim bermain kacamata. 

Prancis mendominasi kemenangan atas tim Orange selama 5 kali pertemuan terakhir. Pelatih Didier Deschamps sukses meraih 5 kemenangan dalam 5 laga terakhir kedua tim. Artinya, Prancis selalu dominan atas Belanda. Tetapi, di Red Bull Arena, tanpa diperkuat kapten dan mesin gol Kylian Mbappe, Prancis harus puas ditahan seri. Tim asuhan Didier Deschamps memang sangat dominan sepanjang 2 x 45 menit. 

Dari sisi penguasaan bola, N'golo Kante cs sangat dominan hingga lebih 60%. Peluang pun bisa mereka ciptakan hingga 15 kali. Hanya saja, peluang efektif hanya 3. 

Belanda yang banyak bertahan justru mampu menciptakan 4 peluang efektif dari hanya 8 kali kesempatan. 

Pada pertandingan lain di grup D, Polandia dengan nama besar Robert Lewandowski, Wojciech Szczesny dan Krzysztof Piatek harus rela tersingkir dari Piala Eropa 2024. Di laga matchday kedua yang dihelat di stadion Olimpiade Berlin (Jumat, 21/6/2024 waktu setempat), Polandia takluk 1-3 dari Austria. 

Sejumlah pemain Austria melakukan selebrasi kemenangan atas Polandia. Sumber: diolah dari @EURO2024.

Austria yang tampil spartan seperti pada matchday pertama unggul terlebih dulu lewat gol bek tengah Gernot Trauner di menit ke-9. Polandia sempat memelihara asa ketika striker Krzysztof Piatek menyamakan skor pada menit ke-30. 

Tetapi Austria mampu menambah dua gol di babak kedua. Masing-masing lewat Cristoph  Baumgatner pasa menit ke-66 dan sepakan penalti Marko Arnautovic pada menit ke-78. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline