Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

KKN Produktif dan Bermakna

Diperbarui: 12 Juni 2024   11:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan KKN tahun 2006. Sumber: Koleksi Foto Pribadi.

Masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bagian pendidikan di perguruan tinggi yang paling ditunggu oleh mahasiswa. Ikut KKN tandanya tak lama lagi akan menyelesaikan  masa kuliah. Namanya mahasiswa, KKN menjadi ajang keluar "kandang" setelah sekian semester duduk serius dalam ruang kuliah menatap dosen. 

Program KKN dengan angka kredit besar dan istimewa juga membawa misi besar dan dampak istimewa di tengah masyarakat. Terjun ke tengah masyarakat menjadi ajang implementasi ilmu yang didapatkan selama kurang lebih lima semester di kampus. 

Masa KKN mahasiswa dia puluh tahun yang lalu tentunya sudah sangat berbeda dengan kondisi saat ini. Dulu, teknologi pendukung masih minim. Saya ikut KKN tahun 2006 di mana handphone baru mulai menjangkau daerah. 

Lokasi KKN yang menyasar pedesaan dan pedalaman banyak memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa. Termasuk saya dan rekan-rekan kala itu. KKN zaman lawas seringkali tidak hanya membawa misi dari kampus. Tak luput pula, program KKN memgikutsertakan program Pemda. 

Kondisi inilah yang saya alami dulu. Di sela-sela tugas pokok sebagai mahasiswa KKN, kami juga wajib melakukan pendataan kepada semua keluarga yang ada di lokasi KKN. Kondisi rumah, fasilitas sanitasi, jamban, penghasilan hingga listrik wajib didata satu per satu. Keterkaitannya adalah untuk mendukung program daerah yang terkait kesejahteraan sosial. 

Setiap hari kami menyisir setiap rumah warga. Melakukan pendataan anggota keluarga, dsbnya. Jalan kaki naik dan turun gunung. Sesekali masuk wilayah berbatasan dengan hutan. 

Teknik pendataan masih manual. Full tulis tangan. Foto dokumentasi seadanya saja. Menggunakan kamera saku merek Canon. 

Selain melakukan pendataan, kami juga setiap hari mengajar di sekolah-sekolah yang ada. Di lokasi KKN saya dulu sudah lengkap SD, SMP dan SMA. Khusus SMA, 28 siswa yang kami ajar adalah kelas perdana. Untuk SMP ada satu sekolah. Sementara SD 3 sekolah. 

Kami juga aktif terlibat dalam kegiatan ibadah. Beberapa teman melayani ibadah anak-anak selolah minggu di gereja setiap hari minggu pagi. Selebihnya, melayani ibadah jemaat. 

Konsep KKN lawas memiliki ciri umum yang gampang dikenali. Ciri ini di antaranya membuat papan nama jalan, pintu gerbang desa, pintu gerbang kantor desa dan kantor camat, papan potensi di kantor desa, kantor camat dan sekolah. Mahasiswa KKN akan meninggalkan jejak di tiang pintu gerbang dan tiang nama jalan. Misalnya, KKN Universitas A Tahun 2006. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline