Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Dramatis! Kalahkan Napoli, Inter Milan Juara Piala Super Italia 2023

Diperbarui: 25 Januari 2024   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemain Inter Milan merayakan juara Piala Super Italia 2023. Sumber foto: twitter resmi @Inter

Inter Milan menahbiskan diri sebagai juara Super Coppa Italiana atau Piala Super Italia 2023. Menghadapi juara Serie A Liga Italia musim lalu, Napoli, tim yang dimanajeri oleh Simone Inzaghi ini sukses menang lewat gol tunggal sang kapten sekaligus mesin gol mereka, Lautaro Martinez. 

Dramatis! Satu kata ini layak diberikan. Championship goal untuk Inter tercipta di menit pertama injury time babak kedua, yakni pada menit ke-90+1. Ketika para pemain Napoli berusaha memaksakan perpanjangan waktu dan adu penalti dengan bertahan, pada akhirnya dijebol oleh Lautaro Martinez. 

Pertandingan babak final Piala Super Italia digelar di Al-Awwal Stadium, Riyadh, Saudi Arabia pada Selasa dini hari WIB. Sebelum bertemu di final, Napoli dan Inter sama-sama menang atas lawan mereka di babak semifinal. Napoli mengalahkan Fiorentina 3-0 dan Inter unggul atas Lazio dengan skor yang sama. 

Bertemunya Napoli dan Inter di final adalah laga yang sempurna. Napoli sebagai juara liga dan Inter sebagai juara Coppa Italia musim 2022/2023. 

Inter langsung tancap gas dengan peluang dari Federico Dimarco pada menit ke-15. Tembakan pemain berposisi sebagai gelandang kiri ini sedikit melebar dari gawang Napoli. Menit ke-18, menerima sodoran umpan Lautaro, Henrikh Mkhitaryan melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih melambung. 

Kapten Inter, Lautaro Martinez yang banyak bergerak di pertahanan Napoli, juga memiliki peluang sundulan pada menit ke-31. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata. 

Napoli sebenarnya bisa memberikan perlawanan. Hanya saja, Giovanni Simeone harus mandi lebih cepat setelah menerima kartu merah di menit ke-60. Simeone menerima kartu kuning kedua karena menekel Francesco Acerbi. Bermain dengan 10 pemain, Napoli tak mampu berkembang lagi. 

Lautaro Martinez akhirnya menjadi pahlawan Inter ketika meneruskan umpan Matteo Darmian. Sepakan first time Lautaro yang menyusur tanah menghujam keras gawang Gollini pada menit ke-90+1. Skor akhir Napoli 0, Inter 1.

Pasukan Maurizio Sarri lebih banyak bertahan. Alhasil, pertahanan Napoli diberondong 22 kali tembakan oleh Lautaro Martinez dkk. 6 tembakan lawan mengarah tepat kepada kiper Napoli, Pierluigi Gollini. 

Napoli hanya bisa merespon dengan 6 kali tembakan dan hanya satu yang mengarah ke gawang Yan Sommer di bawah mistar gawang Inter. Satu-satunya peluang matang I Partenopei dikreasikan oleh Kvicha Kvaratskhelia pada menit ke-51. Tembakan kerasnya bisa ditepis oleh Yan Sommer. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline