Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Rekor Unik Lionel Messi dan Neymar Jr Usai Laga Perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026

Diperbarui: 9 September 2023   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lionel Messi mencetak gol tunggal kemenangan Argentina melawan Ekuador: Sumber: Luis Robayo via Bolasport

Lionel Messi dan Neymar masing-masing telah mengukir rekor unik seusai menuntaskan laga perdana babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL. 

Di stadion El Monumental, Argentina dipimpin Lionel Messi mengalahkan Ekuador dengan skor tipis 1-0 pada Jumat (8/9/2023) dini hari. Gol tunggal kemenangan Argentina dicetak oleh Messi pada menit ke-78 lewat free kick. Gol tersebut adalah shot on target kedua Messi ke gawang Hernan Galindez. 

Sehari kemudian,  Sabtu (9/9/2023), Brasil mengalahkan Bolivia di Estadio Estadual Journalista Edgar Augusto Proenca, Belem. Namun, berbeda dengan Tim Tango, Neymar Jr dkk menang telak atas Ekuador dengan skor 5-1. Di laga tersebut, Neymar Jr mencetak brace, yakni pada menit ke-61 dan 90+3. Tiga gol lainnya dicetak oleh Rodrygo (24' dan 53') dan Raphael (47'). Gol semata mayang Bolivia diciptakan oleh V. Abrego (78'). 

Lionel Messi mencatatkan diri sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di babak kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL. Satu gol ke gawang Ekuador kini membuat Messi telah mencetak 28 gol. Jumlah gol yang sama dengan milik striker Uruguay, Luis Suarez. 

Gol Messi yang merobek gawang Ekuador adalah gol ke-11 yang terukir lewat tendangan bebas untuk tim nasional. Jumlah gol free kick yang sama dengan koleksi mega bintang Cristiano Ronaldo. Sementara untuk koleksi keseluruhan sepanjang karir di level klub dan timnas, La Pulga telah mencetak 65 gol free kick. Rekor Messi ini telah menyamai rekor yang diciptakan oleh David Beckham. 

Rekor pencetak gol free kick terbanyak masih dipegang oleh Juninho Pernambucano (77). Diurutan kedua ada Pele (70) disusul V. Legrotaglie dan Ronaldinho (66) serta Lionel Messi dan David Beckham (65). 

Selebrasi gol Neymar ke gawang Bolivia. Sumber: OPTA

Eks rekan setim Lionel Messi di Barcelona dan Paris Saint Germain, Neymar Jr. memecahkan rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah untuk timnas Brasil. Neymar telah mencetak 78 gol dan 58 assists dalam 125 pertandingan bersama tim Samba, Brasil sepanjang kariernya. Rekor sebelumnya dipegang oleh legenda Pele dengan torehan 77 gol. 

Neymar juga lebih superior dari para pendahulunya yang lain, yakni Ronaldo (62 gol), Romario (55 gol), dan Zico (48 gol). 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline