Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Era Juventus Resmi Tanpa Jejak Bek Tangguh Trio BBC

Diperbarui: 1 September 2023   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Trio BBC. Sumber: Italian Football TV

Juventus secara resmi berkompetisi tanpa jejak trio BBC. Sejarah trio Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini sah tidak ada dalam skuad Juventus mengarungi musim kompetisi 2023/2024. Mereka bertiga adalah trio Italia yang memberikan kesuksesan di kompetisi domestik hampir satu dekade. 

Setelah Chiellini dan Barzagli memilih pensiun seusai mengantar Juventus meraih 9 kali scudetto secara beruntun, kini giliran Bonucci yang meninggalkan Turin. Bonucci tidak pensiun melainkan pindah klub ke Bundesliga. 

Union Berlin adalah klub yang meminang Bonucci dengan status free transfer. Kontrak permanen satu tahun hingga Juni 2024 dengan opsi perpanjangan telah ditandatangani Bonucci dimana gajinya di Berlin masih disubsidi Juventus 25%.

Bonucci berseragam Union Berlin. Sumber: FC Union Berlin

Bagi Juventus, kepindahan Bonucci sedikit memberikan dampak  bagi klub. Khususnya keuangan klub yang mana diketahui bermasalah sejak musim lalu karena skandal laporan keuangan dan plusvalenza. 

Pilihan Bonucci ke Union Berlin tidak salah. Union Berlin adalah salah satu kontestan UEFA Champions League musim 2023/2024. Jika tak ada aral, Bonucci akan bertemu Real Madrid, Napoli dan Sporting Braga di grup C babak penyisihan grup. 

Bonucci pun mengungkapkan bahwa ia merasa senang pindah ke Union Berlin yang akan berlaga di Liga Champions Eropa. Jika tetap di Juventus, Bonucci hanya akan bermain di kompetisi domestik. Juventus mendapat sanksi dan tak bisa bermain di Liga Konferensi Eropa. 

Sebelum memilih hijrah ke Union Berlin, di Juventus, Bonucci bukan lagi pilihan utama, sehingga musim ini kontraknya tak diperpanjang. Bonucci kalah bersaing dengan Alex Sandro dan Gatti. 

Leonardo Bonucci berpose dengan Piala Juara Liga Italia. Sumber: Forza Juventus

Selama berseragam Juventus, Bonucci telah tampil dalam 502 pertandingan di semua kompetisi. Total 37 gol dan 10 assists disumbangkan Bonucci buat klub kota Turin. Selain itu Bonucci sukses meraih 8 scudetto, 4 Coppa Italia, 5 Piala Super Italia, satu kali juara Piala Eropa dan meraih satu gelar pribadi yakni pemain terbaik Italia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline