Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Anthony Joshua Pukul KO Robert Helenius

Diperbarui: 13 Agustus 2023   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anthony Joshua melepaskan pukulan telak ke wajah Robert Helenius. Sumber: @DAZNBoxing

O2 Arena, Greenwich menjadi saksi ketika Anthony Joshua (33 tahun)  sukses memukul KO Robert Helenius (39 tahun) pada ronde ketujuh pertarungan tinju dunia kelas berat, pada Minggu (13/8/2023) pagi WIB. Hanya dengan sekali pukulan telak ke wajah, Helenius terkapar. Oleh karena kerasnya pukulan mantan juara dunia kelas berat tersebut, Helenius hingga harus dibantu dengan oksigen untuk mengembalikan pernafasannya. Beruntung, Helenius tidak menderita cidera parah usai diremukkan dengan brutal oleh Joshua.

Sejatinya, Helenius bukanlah lawan yang seharusnya dihadapi Joshua. Helenius menggantikan Dillian Whhyte yang terkena diskualifikasi karena penyalahgunaan narkotika sebelum laga ini. Pilihan Joshua atas Helenius ternyata tidak salah. Sebagai mantan juara Eropa dua kali (2011 dan 2016), Helenius mampu memberikan perlawanan sebelum menerima pukulan telak yang berbuah KO di ronde ketujuh. 

Kemenangan meyakinkan atas Helenius, bintang tinju kelas berat asal Finlandia, memberikan kembali kepercayaan diri kepada Joshua. Seperti diketahui, petinju asal Inggris tersebut kehilangan sabuk juara dunianya setelah dua kali dikalahkan oleh Oleksandr Usyk tahun lalu. Joshua pernah memegang sabuk juara dunia kelas berat versi WBA, IBF, WBO dan IBO. 

Hasil ini memperbaiki rekor Joshua menjadi 26 kali menang dan 3 kali kalah dengan 23 kemenangan KO. Di sisi lain Robert Helenius memiliki rekor bertanding 32 kali menang, 5 kali kalah dan 21 kali menang KO.

Conor McGregor, bintang MMA yang turut menonton laga, memuji Joshua dan memberikan  selebrasi kemenangan lewat secangkir bir "Minuman Juara" kepada Joshua. 

Sebagai atlit profesional di atas ring, Helenius tak lupa memberikan penghormatan kepada Joshua atas kemenangannya. Sementara Joshua mengapresiasi Helenius sebagai petinju yang baik. Kesediaan Helenius menggantikan Dillian Whhyte tentunya turut menyelamatkan karir Joshua untuk bisa merangkak ke pertarungan perebutan juara dunia berikutnya. 

Kini, Joshua kembali bisa meretas jalan untuk meraih gelar juara dunia kelas berat. Usai mengalahkan Helenius, Joshua digadang-gadang akan bertemu salah satu raja kelas berat, Deontay Wilder. 

Wilder pun pernah bertemu Helenius. Di mana pada laga terakhir keduanya tahun 2022, Wilder menang KO atas Helenius di ronde pertama. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline