Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Bagnaia Juara MotoGP Italia, Marc Marquez Kembali Cium Tanah

Diperbarui: 11 Juni 2023   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pecco Bagnaia tak tertandingi di GP Italia. Sumber: MotoGP

Pembalap Ducati yang juga adalah sang juara dunia, Francesco Bagnaia menjuarai MotoGP Gran Premio D'Italia Oakley 2023. Mengaspal di sirkuit Mugello, Pecco Bagnaia tampil dominan sejak lap pertama hingga lap terakhir dengan catatan waktu 41 menit 16, 863 detik.

Pecco mengasapi dua pembalap Pramac Ducati Racing, Jorge Martin yang menempati posisi runner-up dan Johann Zarco di tempat ketiga. Mugello benar-benar menjadi milik pabrikan Italia, Ducati. Luca Marini melengkapi dominasi Ducati dengan menempati posisi keempat.

Balapan di Mugello sempurna buat Bagnaia. Ia menyempurnakan penampilan superiornya sejak hari Sabtu. Bagnaia telah meraih predikat Tisso Sprint Win sehari sebelumnya. Kemudian ia menempati pole position, mencetap fastest lap dan ditutup dengan gelar juara.

Kemenangan Pecco Bagnaia pekan ini mencatatkan rekor back to back podium. Musim lalu, Bagnaia meraih podium pertama di Mugello setelah mengalahkan Fabio Quartararo.

Kunci kemenangan Bagnaia kali ini adalah ketenangan dan fokus. Ia terlihat menikmati balapan di Mugello yang merupakan rumah sendiri. Ditambah dukungan puluhan ribu fans Bagnaia dan Ducati semakin menambah rasa percaya dirinya. Pada beberapa balapan pembuka tahun ini, seringkali Bagnaia kehilangan poin karena terjatuh. Musabab dari terjatuhnya Bagnaia tak lain Karena kirang fokus.

Kemenangan di Mugello makin memantapkan Bagnaia sebagai pemuncak klasemen pembalap sementara dengan 131 poin. Posisi kedua ditempati Marco Bezzecchi dengan 110 poin. Sementara Jorge Martin yang mengumpulkan 107 poin menempati posisi ketiga. Brad Binder dan Johann Zarco mengikuti di posisi keempat dan kelima, masing-masing mengumpulkan 92 dan 88 poin.

Marc Marquez terjatuh di Mugello. Sumber: MotoGP

Nasib nahas kembali menimpa juara dunia enam kali MotoGP, Marc Marquez. Ia terjatuh setelah balapan baru berjalan 4 lap. Ia pun harus merelakan dirinya gigit jari. Kondisi ini making menjauhkan Marquez dari perburuan titel juara dunia musim ini. Marquez masih merangkak di posisi ke-18 dengan koleksi 15 poin.

Hal yang sama juga terjadi pada sang adik, Alex Marquez. Ia terpeleset di lintasan dan merelakan podium ketiga buat Johann Zarco. Namun, Alex Marquez masih lebih baik dari sang kakak. Ia menghuni posisi ketiga belas klasemen dengan koleksi 41 poin.

Berikut hasil lengkap MotoGP Italia yang berlangsung di sirkuit Mugello.

1. F. Bagnaia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline