Lihat ke Halaman Asli

Yulius Roma Patandean

TERVERIFIKASI

English Teacher (I am proud to be an educator)

Strategi Tiga Bek Cair Milan Dibekukan Fiorentina

Diperbarui: 5 Maret 2023   06:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Theo Hernandez dan Pierre Kalulu tertunduk lesu usai laga melawan Fiorentina. Sumber Gambar: Reuters.

AC Milan tengah berbenah di paruh kedua musim Seri A Liga Italia. Hal ini dilakukan oleh pelatih Stefano Pioli demi menjaga asa bermain di Liga Champions musim depan. Di liga domestik sendiri, peluang Milan untuk menjuarai liga sudah hampir dikatakan tertutup. Sulit untuk mengejar Napoli di puncak klasemen. Sehingga target realistis adalah mengamankan zona Liga Champions.

Untuk itu, Stefano Pioli mencoba memaksimalkan strategi tiga bek cair. Pioli mengandalkan tiga bek muda Fikaye Tomori, Malick Thiaw dan Pierre Kalulu di barisan tiga bek cair.  Tiga bek inilah yang sebelumnya dimainkan bersama-sama dan Milan sukses menekuk Atalanta 2-0. Aliran bola dari belakang ke dua gelandang sayap Theo Hernandez dan Junior Messias lebih encer. Taktik ini pun memudahkan Sandro Tonali untuk mengontrol bola di tengah. 

Taktik ini diterapkan dalam skema permainan 3-4-2-1. Pada laga lanjutan  Seri A menghadapi tuan rumah Fiorentina, Milan juga menerapkan taktik tiga bek cair ini. Akan tetapi, pada percobaan skema melawan La Viola di Stadion Artemio Franchi. Strategi tiga bek cair ini justru membeku menghadapi permainan Fiorentina yang mengandalkan tiga striker Jonathan Ikone, Arthur dan Nico Gonzalez.

Fiorentina mencetak gol pertamanya melalui sepakan pinalti Nico Gaonzalez menit ke-49. Adapun gol kedua disarangkan  oleh Luka Jovic di menit ke-87.

Gol hiburan Rossoneri dicetak oleh Theo Hernandez  menjelang peluit akhir berbunyi di penghujung waktu tambahan paruh kedua.

Pada laga ini Milan memang sukses menguasai laga akan tetapi efektifitas serangan berupa tendangan ke gawang  lebih efektif milik tuan rumah. Aliran bola trio bek cair mampu membantu tim menguasai bola di separuh lapangan, akan tetapi efektifitas bola ke depan juga terhambat manakala tim lawan tampil lebih agresif. Sepertinya Stefano Pioli perlu memantapkan lagi trio bek cair di laga mendatang, misalnya dengan mencoba memainkan pemain yang lebih berpengalaman sebagai starter. Selanjutnya, trio bek cair juga butuh topangan gelandang kreatif sebagai jembatan bola dari belakang menuju striker.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline