Lihat ke Halaman Asli

Buku Kompasianer Dibedah di Gedung MPR RI

Diperbarui: 18 Juni 2015   05:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1405737106246918031

Dua hari yang lalu, tepatnya Kamis (17/6) merupakan momen yang cukup spesial bagi saya, karena buku terbaru saya dengan judul "BERPUASA BUKAN BERSANDIWARA" diminta untuk dibedah di Perpustakaan MPR RI. Acara yang dikemas oleh panitia dengan tema "Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat" itu dihelat di ruang presentasi, Gedung Nusantara IV Senayan. Selain dipenuhi oleh para penonton, awak media, turut hadir dalam acara tersebut antara lain:

Wakil Ketua MPR RI Ibunda Hj. Melani Leimena Suharli, Anggota DPD RI Bapak A.M. Fatwa, Pimpinan Perpustakaan MPR RI Ibunda Roosiah Yuniarsih, dan para pembahas Mas Abdullah Fanani dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Ustad Shaifurrokhman Mahfuz dari Andalusia Islamic Center, Mas Widya Chalid Wakil Ketua Asia Pasific Library Association, dll.

[caption id="attachment_334245" align="aligncenter" width="637" caption="Penyerahan Cinderamata dari Penulis kepada Wakil Ketua MPR RI Ibunda Hj. Melani Leimena Suharli"][/caption]

Acara berlangsung hari itu cukup hikmat dan seru, selain mendapat apresiasi dari para panelis yang mengupas buku "Berpuasa Bukan Bersandiwara", penulis juga mendapat sejumlah saran dan kritikan konstruktif. Hal yang paling mengejutkan adalah, ketika sesi tanya jawab, tiba-tiba seorang wanita dibalut jilbab merah mengacungkan tangan untuk bertanya. "Bagaimana hukum puasa jika kita sedang melakukan perjalanan dari satu negara ke negara lain? Apakah kita wajib puasa atau tidak?" Ucapnya setelah dipersilahkan oleh moderator acara dengan sedikit menebar senyum kepada audiens.

Ketika wanita itu bertanya, saya yang duduk di meja panelis mencatat poin penting dari apa yang ditanyakan. Ketika saya mau menjawab, saya kembali menanyakan namanya, karena sebelumnya saya tidak menangkap secara persis namanya wanita tersebut. Wanita tadi mengatakan kalau namanya adalah "Edrida", namun karena posisi saya cukup berjauhan maka tidak mendengar nama itu dengan jelas. Akan tetapi, ia mengingatkan saya kembali dengan ucapan, "Endri Pulungan, kita berteman di Kompasiana."

Mendengar ucapan itu, seketika saya angguk-angguk kepala dan langsung menjawab, bahwa mereka tengah melakukan perjalanan (musafir) boleh saja mengambil rukhsah (keringanan) sehingga tidak berpuasa. Sebab Allah Swt sangat senang jika memberi rukshah dan  rukhsah tersebut diambil oleh hamba-Nya. Akan tetapi, jika ia kuat berpuasa maka itu lebih baik baginya dan ia dapat berbuka ketika waktu berbuka telah masuk di negara tujuannya.

Bukan bertanyaan itu yang membuat saya kagum hari itu, satu yang hal menurut luar biasa adalah kekuatan interaksi dan perkenalan di "kampus menulis" bernama Kompasiana patut diacungi jempol. Sebab Mbak Edrida Pulungan datang bela-belain datang ke acara tersebut, karena tahu saya adalah salah satu member Kompasiana. Sekali pun belakangan ini saya tidak terlalu aktif menulis di Kompasiana karena kesibukan dan lain-lain, namun setiap hari saya selalu mengamati isu terhangat dari kampus telah mengajarkan saya banyak hal tersebut. Semoga kompasiana terus eksis dan berkembang.

[caption id="attachment_334246" align="aligncenter" width="594" caption="Penulis bersama Mbak Edrida Pulungan (jilbab merah) dan peserta bedah buku seusai acara"]

14057374501463352701

[/caption]

Liputan acara dari Indopos.co.id:

Tensi politik di pemilu presiden (pilpres) 2014 terus memanas, meski seluruh umat Islam sedang melaksanakan ibadah Ramadan. Momen puasa yang seharusnya bermakna untuk ‘menahan diri’  tak lagi berarti. Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Ketua MPR RI Melani Leimena Suharli.

“Tingginya intensitas persaingan dalam iklim politik nasional di pesta lima tahunan pilpres menjadi tidak terhindarkan. Oleh karena itu, momen puasa ramadhan harus menjadi faktor pendorong untuk lebih mengendalikan diri, turut bersama-sama menjaga situasi yang kondusif, serta tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Melani saat memberi sambutan dalam acara bedah buku berjudul Berpuasa Bukan Bersandiwara di gedung MPR RI, Jakarta, Kamis (17/7).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline