Lihat ke Halaman Asli

Ovi Wulandari

Mahasiswa

Esensi Bahan Ajar Aqidah Akhlak

Diperbarui: 13 April 2021   06:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahan ajar adalah suatu bentuk bahan sebagai pedoman atau panduan oleh pendidik yang digunakan untuk membantu dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar disekolah agar dapat mengetahui berbagai sumber materi - materi secara terperinci dan komprehensif (menyeluruh).  Bahan ajar disebut juga dengan materi ajar yang merupakan inti dari suatu persoalan dalam pembuatan materi ajar yang kompleks terkait kesatuan pembahasan yang menyeluruh.

Bahan ajar berisi informasi pembahasan mengenai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diajarkan oleh pendidik maupun instruktur guna untuk mengimplementasikan suatu pembelajaran yang harus dipelajari oleh peserta didik. Pengembangan bahan ajar merupakan upaya penyusunan bahan ajar baik yang berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis oleh pendidik untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar disekolah.

Secara bahasa aqidah berasal dari bahasa arab yaitu " aqada - ya'qidu -- aqdan" yang berarti ikatan, keyakinan, sangkutan dan kokoh. Secara istilah aqidah adalah pondasi dasar -- dasar keyakinan hati seseoorang muslim yang berpedoman kepada Al - Qur'an dan As - Sunnah sebagaimana merupakan sumber keyakinan dari aqidah itu sendiri dan berpegang teguh terhadap ajaran islam. Misalnya yakin akan kekuasaan AllAh SWT dan percaya adanya Tuhan yang maha esa yakni Allah SWT. 

Agama islam merupakan agama yang paling benar dari agama -- agama yang lainnya (kristen, hindu, katolik, konghucu dan budha), dimana agama islam  memiliki pedoman yang kuat yakni Al -- Qur'an dan As -- Sunnah atau Hadis. Hal tersebut dibuktikan bahwa Al -- Quran (kalam Allah SWT) dari Allah SWT yang diturunkan untuk Nabi Muhammad SAW dan Hadis yang bersumber secara langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Akhlak merupakan suatu tindakan, sikap dan tingkah laku seseorang yang tertatam pada diri seseorang dilakukan secara spontan dan tidak disertai pertimbangan yang dibentuk dalam sebuah perbuatan. Akhlak terbagi menjadi dua bagian yaitu Akhlak mahmudah atau akhlak terpuji adalah suatu bentuk perbuatan, perilaku dan tingkah laku terpuji seseorang yang memberi dampak baik kepada diri sendiri maupun orang lain. 

Seorang muslim seharusnya memiliki akhlak yang baik agar dapat mencerminkan pribadi yang baik dan akhlak madzumamah atau  akhlak tercela  adalah suatu bentuk perbuatan, perilaku dan tingkah laku  tercela seseorang yang memberi dampak buruk kepada diri sendiri maupun orang lain. Akhlak tercela harus dihindari karena dapat menimbulkan mudharat. Akhlak madzmumah sangatlah dibenci oleh Allah SWT, maka dari itu sebagai seorang muslim harus menghindari akhlak tercela agar tidak dibenci oleh Allah SWT.


Adapun macam -- macam bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran, diantaranya yaitu sebagai beikut:
Bahan ajar cetak (printed) merupakan suatu perangkat, alat, bahan, pedoman dan panduan informasi dalam bentuk kertas yang membahas tentang materi -- materi dan isi dari pelajaran tersebut guna untuk mecapai target dan tujuan pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan media cetak atau teknologi cetak.

Bahan ajar dengar (audio) merupakan suatu sistem pembelajaran yang menggunakan media atau teknologi yang dapat dimainkan dan didengarkan secara langsung oleh individu maupun kelompok orang.

Bahan ajar pandang dengar (audiovisual) merupakan  suatu perangkat sistem yang berkombinasi dengan komponen suara dan komponen gambar bergerak yang dapat dilihat dan didengar  secara langsung (sekuensial).

Bahan ajar interaktif (interaktif teaching material) menurut  Prastowo merupakan suatu bahan ajar yang mengombinasikan beberapa media pembelajaran (audio, video, teks, gambar, animasi dan grafik) yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah atau perilaku dari suatu presentasi yang terjadi hubungan dua arah antara bahan  ajar dan siswa, oleh karena itu peserta didik dapat terdorong untuk bersikap aktif jika proses pembelajaran menggunakan bahan ajar interaktif.

Sumber bahan ajar merupakan tempat untuk memilih bahan ajar yang dimana sebagai pedoman untuk mencari materi -- materi yang dituju. Misalnya siswa diberi tugas mata pelajaran akidah akhlak oleh guru untuk mencari materi tentang pentingnya berbakti kepada kedua orang tua di jurnal atau hasil penelitian lainnya. Dengan hal itu bahan ajar dapat mempermudah siswa untuk mencari sumber -- sumber materi yang dicarinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline