Tantangan dalam Menghayati Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan Perwujudan Profil Pelajar Pancasila (PPP) Versi Guru.
Guru harus memiliki pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai dan prinsip Pancasila, dan bagaimana menerapkan dalam pendidikan di abad ke 21. Guru pun perlu pengintegrasian terhadap nilai-nilai Pancasila dalam semua pembelajaran, baik itu pelajaran khusus maupun lintas pelajaran.
Tantangan bagi guru yaitu dalam membina pengembangan karakter yang efektif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila untuk diimplementasikan pada kehidupan peserta didik itu sendiri. Dengan begitu, perlunya strategi yang menarik dan interaktif dalam membantu peserta didik mengamalkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Guru harus mampu menghadapi tantangan dalam pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan tersebut dapat menyesuaikan kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, serta strategi pengajaran yang disesuaikan dengan nilai-nilai Pancasila.
Tantangan dalam Menghayati Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan Perwujudan Profil Pelajar Pancasila (PPP) Versi Peserta Didik.
Perlunya mampu dalam mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari peserta didik di sekolah, di rumah, dan di masyarakat. Tantangan tersebut yaitu bagaimana menghadapi kehidupan yang nyata bagi peserta didik.
Kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik, akan melibatkan tantangan untuk pengambilan keputusan yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila, begitu pun dalam bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai situasi.
Peserta didik perlu mengembangkan kesadaran diri yang tinggi serta pemahaman yang mendalam mengenai nilai-nilai Pancasila. Tantangan tersebut dapat melibatkan proses dari refleksi diri mereka sendiri, serta bereksplorasi untuk memahami lebih dalam terkait nilai-nilai Pancasila secara kontekstual.