Lihat ke Halaman Asli

Ovi Rovikoh

Mahasiswi

Kritik Pementasan Drama Reinkarnasi Roro Jonggrang

Diperbarui: 31 Maret 2021   08:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Drama merupakan jenis karya sastra yang dapat ditampilkan di luar ruang maupun di dalam ruang. Drama diperankan lebih dari satu orang. Drama terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yakni drama musikal. Dalam drama memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik.

Pada kesepatan ini, saya ingin mendeskripsikan pementasan drama Reinkarnasi Roro Jonggrang dalam Channel Nurris. Pementasan drama ini termasuk dalam jenis drama musikal, karena dalam pementasan drama tersebut berisikan dialog, tarian yang diiringi musik dan lagu-lagu.

Drama musikal merupakan jenis drama yang menampilkan dialog dengan diiringi musik dan gerak-gerakan seperti tari.
Pada bulan Februari lalu, pementasan drama Reinkarnasi Roro Jonggtang ditayangkan dalam media youtube.

Berikut Analisis unsur intrinsik dalam drama musika Reinkarnasi Roro Jonggrang dalam Channel Youtube Nurris:
1. Tema: tema dalam drama ini ialah tentang sebuah perjuangan dalam membangun candi prambanan
2. Judul: Reinkarnasi Roro Jonggrang
3. Tokoh dan penokohan :
* Roro Jonggrang memiliki sifat yang sopan santun, baik, namun ucapannya tidak dapat dipercaya.
* Bandung Bondowoso memiliki sifat yang sombong, kejam, gagah serta memiliki kesaktian.
* Ayah Bandung Bondowoso memiliki sifat yang pendendam.
4. Latar
* Latar tempat : tempat kerajaan di Jawa
* Latar suasana : menegangkan, mengharukan, dan menyedihkan.
* Latar waktu : malam dan pagi hari.
5. Alur : alur yang digunakan dalam drama ini ialah alur maju,yang mana dalam cerita Reinkarnasi Roro Jonggrang ini dapat menjelaskan cerita secara menyeluruh baik dari awal pertemuan, munculnya masalah sampai masalahnya itu dapat terselesaikan.
6. Gaya bahasa : gaya bahasa yang digunakan dalam drama tersebut ialah bahasa Indonesia.
7. Sudut pandang : sudut pandang yang digunakan ialah sudut pandang orang pertama.
8. Amanat : setelah disaksikan dari awal hingga akhir, kini terdapat amanat yang terkandung dalam drama tersebut ialah tentang betapa pentingnya menjadi sosok seseorang yang amanah, jujur, dan tidak ingkar janji.

Selain unsur intrinsik dalam drama tersebut juga masih mengandung unsur ekstrinsik berupa adanya nilai sosial dan budays.

Tidak hanya terdiri dari unsur intrinsik dan ekstrinsik saja dalam setiap drama. Setiap sesuatu apapun itu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan pementasan drama Reinkarnasi Roro Jonggrang dalam Channel Youtube Nurris.  

Dalam pementasan drama Reinkarnasi Roro Jonggrang tersebut terdapat latar tempat yang menarik, lampu yang cukup terang, bahasa yang ringan atau tidak baku, penampilan pemain yang menarik  dengan menggunakan pakaian yang elegan, dan anggun. Selain itu, menurut saya dalam acara pementasan tersebut terdapat beberapa hal yang membuat seseorang tidak bosan saat menyaksikannya, karena dalam pementasan tersebut berisikan sebuah dialog yang diiringi musik-musik Jawa yang menegangkan, musik-musik yang romantis saat terdapat adegan yang romantis, serta dalam drama Reinkarnasi Roro Jonggrang ini diiringi dengan gerakan tari. 

Maka dari itu, menurut saya acara pementasan drama Reinkarnasi seperti itu sangat cocok untuk disaksikan Roro Jonggrang saat kita merasa bosan ataupun jenuh. Tidak hanya itu, dalam acara pementasan drama Reinkarnasi  Roro Jonggrang tersebut para pemain menggunakan bahasa Indonesia yang berlogat Jawa.

Setiap karya atau penampilan-penampilan berupa pementasan drama Reinkarnasi  Roro Jonggrang selain memiliki kelebihan tentu saja memiliki kekurangan, begitu pula dengan acara pementasan drama ini. Menurut saya, suara musik dalam acara pementasan drama tersebut lebih terdengar lebih keras ketimbang suara saat pemainnya sedang berdialog.

Pementasan dram Reinkarnasi Roro Jonggrang ini menceritakan tentang kisah Roro Jonggrang yang sedih karena ditinggal Ayahnya, namun bahagia ketika bertemu dengan pujaan hatinya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline