Lihat ke Halaman Asli

POSKO 85 KKN

mahasiswa kkn mit ke-16

Ilmu Hidroponik untuk Warga Desa Johorejo

Diperbarui: 19 Agustus 2023   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Posko 85

Kendal - Mengembangkan potensi berwirausaha melalui media hidroponik menjadi tema yang diangkat pada acara Pelatihan Pembuatan Hidroponik yang diadakan Mahasiswa KKN MIT Ke-16 Posko 85 Desa Johorejo. Acara ini diadakan di Balai Desa Johorejo pada hari Sabtu (12/08/2023) pukul 14.00 WIB.

Tujuan diadakannya pelatihan pembuatan hidroponik ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada warga Desa Johorejo terkait hidroponik. Pengetahuan yang diberikan memuat pengenalan hidroponik hingga bagaimana cara menanam menggunakan media hidroponik yang disampaikan langsung oleh Ibu Eko Gustini Wardani Pramukawati sebagai pemateri dalam acara ini. Warga desa yang hadir dalam pelatihan memberikan tanggapannya terkait kendala-kendala mereka ketika akan menerapkan materi yang telah disampaikan Ibu Eko. 

"Tidak perlu menggunakan alat yang mahal seperti paralon-paralon baru, gunakan saja sisa paralon saat renovasi, atau jika tidak ada, manfaatkan saja botol-botol plastik yang tidak terpakai di rumah," tutur Ibu Eko.

Dok Posko 85

"Jika sesuai dengan teorinya itu diperlukan pupuk cair A dan B untuk tanaman hidroponik, tetapi di rumah saya, saya masukkan saja ikan-ikan ke dalam botol-botol hidroponik. Kotoran ikan itu kan bisa dijadikan pengganti pupuk cair A dan B ini," imbuhnya.

Ibu Eko selalu menyampaikan alternatif dari keterbatasan warga Desa Johorejo dalam membuat hidroponik nantinya. Diharapkan warga Desa Johorejo dapat dengan mudah membuat hidroponik untuk memperoleh kemudahan dalam menanam sayuran menggunakan hidroponik ini.

Dok Posko 85




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline