Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Orang Tergantung dengan Obat?

Diperbarui: 14 Februari 2020   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pop.grid.id

Temuan dilapangan, tramadol banyak sekali disalahgunakan oleh masyarakat terutama oleh generasi muda. Nama jalanan obat ini adalah PILUPING. Bagi pengguna pas-pasan, obat ini cukup murah serta mudah diperoleh.

Tramadol adalah obat penghilang rasa sakit yang biasa digunakan ole pasien yang baru selesai menjalani operasi. Obat ini bekerja dengan cara memengaruhi reaksi kimia di dalam otak untuk mengurangi sensasi rasa sakit. (tramadol mirip dengan zat di otak yang disebut endorfin). Obat ini termasuk dalam analgesik opioid (narkotika).

Apabila penggunaannya dihentikan maka akan menimbulkan efek, seperti depresi, merasa tidak percaya diri, dan insomnia.

Lainya, Riklona adalah obat untuk pasien eplepsi atau ayan. Kegunaan obat ini adalah sebagai antidpresan yang dapat membantu mengobati gangguan kecemasan.

Mengapa disalahgunakan?

Penyalahgunaan obat biasanya terjadi karena yang bersangkutan mengalami gangguan mental, misalnya gangguan bipolar. Karena penggunaan yang terus-menurus, maka pengguna masuk pada fase ketergantungan. Pada fase ketergantungan ini seorang pengguna sulit untuk keluar atau berhenti mengkonsumsi obat-obat tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline