[caption id="attachment_179810" align="aligncenter" width="620" caption="(Photo: Idealink Photography / Alamy)"][/caption]
Sebelum Apple masuk ke pasar Smartphone dan merevolusi pasar smartphone dengan iPhonenya , RIM BlackBerry berada di atas kursi yang empuk alias masih raja ponsel, hampir semuaa orang memiliki BlackBerry dan sebagian lainnya kepengen ingin memiliki produk dari perusahaan asal Kanada tersebut (RIM Blackberry).
Bahkan setelah Apple memperkenalkan produk iPhone, masih tetap saja Blackberry memimpin kemenangan atau BlackBerry masih lebih bagus dimata masyarakat selama bertahun-tahun, BlackBerry masih pilihan nomor satu dikalangan masyarakat banyak. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa waktu kemudian Blackberry makin ditinggal konsumen yang mulai beralih ke iPhone dan kemudian muncul juga Google Android.
Kemunculan kedua kompetitor tersebut (Apple dan Google) telah membuat RIM BlackBerry berada pada tempat yang sulit sejak Apple iPhone dan Google Android melangkah ke pasar. Masyarakat umum akhir-akhir ini telah melirik ke iPhone dan Android, dan bukan lagi melirik ke Blackberry akibatnya sejak 2010 tahun lalu Perusahaan tersebut mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Dan 2 tahun berikutnya kesulitan RIM Blackberry tersebut tampak saat pihak perusahaan melaporkan kerugian yang cukup besar. Pada kuartal fiskal pertama tahun 2012, Research In Motion melaporkan hasil perusahan yang jauh lebih buruk dari yang diharapkan.
Lain lagi setelah pengumuman kerugian, beberapa waktu kemudian pihak perusahaan mengumumkan akan melakukan PHK besar-besaran diseluruh perusahaan mereka, RIM akan merumahkan 5.000 orang atau sekitar 30 persen dari total 16.500 karyawannya. Langkah tersebut dilakukan sebagai bagian upaya menghemat 1 miliar dollar AS dari biaya operasional.
BlackBerry, Mengapa Engkau Sekarat?
Kita tahu, bahwa ponsel besutan RIM ini atau Blackberry adalah ponsel yang sangat polpuler, namun masalahnya bagi RIM adalah KOMPETISI. RIM BlackBerry kalah dari Apple iPhone dan Google Android, sejak kemunculan kedua ini langkah BlackBerry smartphone cepat kehilangan pangsa pasar dan mulai konsumen beralih ke iPhone dan perangkat yang didukung oleh sistem operasi Google Android.
Jadi, secara keseluruhan Blackberry bisa dikatakan gagal dalam meyakinkan konsumen. Bagaimana tidak, sejak kemunculan kompetitornya yaitu Apple dan Android tumbuh sangat cepat. Sejak itu, BlackBerry terus berusaha untuk selalu menjadi nomor satu, namaun langkah tersebut secara perlahan mulai patah-patah dan tibalah saat ini bahwa Blackberry mulai "mati".
Namun, Jikapun ada bertanya atau bertanya-tanya dalam hati. Apakah RIM BlackBerry masih bisa bangkit? atau Apakah BlackBerry bisa kembali merebut pangsa pasarnya?. Menarik untuk di jawab, tapi saya menjawab pertanyaan ini dari pernyataan para ahli dan analisis. Para ahli mengatakan bahwa sangat sulit bagi RIM Blackberry untuk bisa bangkit lagi atau juga merebut pangsa pasarnya. Mengapa demikian?Mari kita lihat alasan nya:
RIM BlackBerry Kurang Berinovasi
CEO Research in Motion (RIM) Thorsten Heins seperti seorang anak yang bandel yang tidak mau berubah dan ingi berinovasi . Dengan berlalunya waktu, Kita semua mengalami banyak perubahan termasuk ponsel ingin juga berubah bentuk, gaya, tampilan dan lainnya, tapi BlackBerry tetap saja sama bentuknya selama beberapa tahun tak ada perubahan (Lihat Evolusi Bentuk Balckberry) . Naiknya pamor BlackBerry di pasar, hanya karena BBM, email, faks, dan fungsi lainnya yang diperkenalkan pada tahun 2003. Namun, sejak saat itu, tidak banyak perubahan yang datang ke dalam BlackBerry. Jadi, Tidak salah untuk mengatakan bahwa pengguna sudah bosan menggunakan Blackberry, itu sebabnya konsumen saat ini makin beralih ke iPhone dan Android.