Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Online Shop terhadap Munculnya Perilaku Konsumtif Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia

Diperbarui: 9 Mei 2019   22:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Online Shopping (Belanja Online) merupakan suatu produk dari berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia. Online shopping ikut menjamur di kalangan masyarakat Indonesia khususnya di kalangan mahasiswa Angkatan 2018 FIA UI. Hal tersebut membuat para penjual di bidang online shopping berlomba -- lomba dalam memberikan kemudahan layanan bagi pelanggan. Kemudahan yang diberikan berupa potongan harga, cashback, bonus dan kemudahan layanan transaksi. Kemudahan yang diberikan tersebut membuat masyarakat cenderung untuk berperilaku konsumtif.

Menurut Ningrum (2001) perilaku konsumtif adalah perilaku mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan tanpa didasari dengan kebutuhan, lebih mengedepankan pada orientasi keinginan dan hasrat sesaat. Perilaku konsumtif ini membuat masyarakat khususnya mahasiswa Angkatan 2018  FIA UI terganggu dalam anggaran keuangan sehari -- harinya. Barang -- barang yang dibeli didasarkan pada keinginan dibandingkan dengan kebutuhan seseorang.

Perilaku konsumtif ini dipicu akibat banyaknya kemudahan yang diberikan para penjual online shopping. Kemudahan -- kemudahan tersebut ada untuk menarik para pembeli untuk melakukan transaksi. Kemudahan tersebut merupakan awal dari perilaku konsumtif mahasiswa akibat adanya kemudahan tersebut.

Online shopping menjadi bahan perbincangan yang hangat di kalangan Mahasiswa Angkatan 2018 FIA UI. Online shopping di sisi lain juga memicu kecendrungan mahasiswa Angkatan 2018  FIA UI untuk berperilaku konsumtif. Hal ini memicu penulis untuk mengetahui pengaruh dari kehadiran online shop terhadap munculnya perilaku konsumtif mahasiswa angkatan 2018 FIA UI.

1.2 Rumusan Masalah

Bagaimanakah online shopping dapat berpengaruh terhadap munculnya perilaku konsumtif mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia?

1.3 Tujuan Penelitian

Mengetahui bagaimanakah online shopping dapat berpengaruh terhadap munculnya perilaku konsumtif mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline