Lihat ke Halaman Asli

sadboykulbet

seorang pelajar yang sedang mencoba sesuatu yang baru

Pesantren

Diperbarui: 28 September 2022   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Pesantren adalah tempat yang terbaik untuk mencari ilmu baik di bidang manapun dari mulai akademik, agama, bahasa, tahfidz, kedisiplinan, sopan santun, kebahgiaan dan arti solidaritas itu terdapat pada pesantren.

Saat pertama kali di Pesantren, kalian di orientasi terlebih dahulu seperti sekolah diluar sana, namun di pesantren berbeda karena orientasi nya di ajarkan sopan santun terlebih kepada kiyai, ustadz, dan guru-guru.

 Adab ketika bertemu yang lebih tua kalian harus menyalami tangan orang yang lebih tua,  tidak boleh mengeraskan nada suara ketika berbicara dengan yang lebih tua, dan memakai koko, kemeja, sarung dan celana biasa ketika beribadah ke Masjid supaya kita menghormati dan menghargai kalo ini rumah Sang Pencipta Langit dan bumi. 

Massa kalian mendatangi kediaman pejabat-pejabat tinggi, orang-orang penting kalian memakai baju rapih, wangi dan baru dan ketika beribadah ke Masjid pakaian kalian hanya kaos saja padahal kalian ketika bertemu petinggi-petinggi negara bajunya rapih, memakai seragam, kemeja mahal ataupun aksesoris lain nya dan ketika ke Masjid hanya memakai kaos saja. Pantaskah begitu?.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline