Lihat ke Halaman Asli

Kendra

Kopi Robusta

Kopi Robusta-Kopi Sumatera

Diperbarui: 23 Februari 2022   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kopi Robusta - Tak jauh berbeda berasal dari tetangganya, Kopi Gayo, Kopi khas Sumatera terhitung punya kepopuleran sampai ke mancanegara. 

Kopi Sumatera biasanya berasal berasal dari daerah Mandaling. Menurut sejarahnya, kopi yang punya cita rasa sedap dan khas dan juga memiliki kualitas ini dibawa berasal dari Mekkah yang sesudah itu ditanam di Minangkabau dan dikembangkan oleh pemerintah Hindia Belanda.  

Kopi Sumatra merupakan keliru satu varietas kopi yang berasal berasal dari Sumatra yang bertekstur paling halus dan bercita rasa paling berat dan kompleks di pada begitu banyak ragam kopi di dunia. 

Sebagian besar kopi Sumatra diproses secara kering (dry-processed), namun beberapa ulang melalui proses pencucian enteng (semi-washed). Kopi Sumatra terlampau terkenal bersama Kopi Mandailing atau kopi Lintong yang tumbuh di pesisir selatan pulau Sumatra.  Kopi Gayo Sumatra dilukiskan sebagai kopi yang bercita rasa manis dan bersih.

 Ahli kopi yang menginginkan membeli kopi Sumatra biasanya menyaksikan ketuaan berasal dari biji kopi Sumatra. Biji kopi ini memunculkan cita rasa "tanah" dan "rempah". Hal ini merupakan keunikan tersendiri biji kopi Sumatra supaya membuatnya menjadi keliru satu berasal dari kopi yang paling dicari di pada jenis kopi yang ada di dunia.  Semoga informasi selanjutnya bermanfaat untuk kamu semua!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline