Lihat ke Halaman Asli

Zefanya

Mahasiswa

Identitas Budaya di Era Digital

Diperbarui: 31 Juli 2024   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas Budaya merupakan representasi dari warisan sejarah, prinsip, dan kebiasaan suatu kelompok atau komunitas. Di Era digital saat ini, identitas budaya mengalami sebuah perubahan, yang dulunya terbentuk melalui tradisi lisan, seni, dan adat istiadat, kini mengalami perubahan melalui media digital dan internet. Perubahan ini membawa tantangan dan peluang besar dalam menjaga, mengembangkan, dan mengkomunikasikan identitas budaya di tengah arus globalisasi yang semakin kuat.

Identitas budaya tidak lagi terbatas pada lokasi geografis, namun dengan bantuan internet, orang dapat berinteraksi dengan lebih banyak orang secara cepat, yang dapat mengarah pada asimilasi dan akulturasi budaya. Orang dari berbagai budaya dapat berbagi cerita, tradisi, dan praktik mereka dengan audiens di seluruh dunia melalui platform media sosial, platform berbagi video, dan berbagai situs web.

Di era digital saat ini, peran para milenial dalam menjaga identitas budaya sangat diperlukan. Para milenial dengan gaya hidupnya yang serba digital dan instan harus dapat menjaga dan melestarikan warisan, budaya, dan sejarah bangsa.  Dengan begitu, akan memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas, dan dapat meningkatkan kebanggaan serta jati diri bangsa.

Beberapa strategi untuk menjaga identitas budaya, seperti dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya identitas budaya melalui kurikulum sekolah dan program komunitas. Mempelajari sejarah, bahasa, dan tradisi budaya juga merupakan hal yang sangat penting. Kemudian memanfaatkan teknologi digital untuk menyimpan dan mencatat unsur budaya, serta mengadakan festival, pameran, dan acara budaya untuk merayakan dan mempromosikan identitas budaya.

Untuk memastikan bahwa warisan dan keragaman manusia tetap hidup dan relevan di era digitalisasi dan globalisasi, identitas budaya adalah tanggung jawab bersama. Identitas budaya tetap menjadi bagian penting dari kehidupan kita dengan memperkuat kohesi sosial, melestarikan warisan, meningkatkan kebanggan diri, mendukung keberagaman, dan menjadi sumber inspirasi. Untuk mencapai tujuan ini, individu, komunitas, dan pemerintah harus bekerja sama untuk membuat lingkungan yang mendukung pelestarian dan perkembangan budaya.

Zefanya Rosi Imelda - Universitas Siber Asia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline