Lihat ke Halaman Asli

Orchida_Nadia112

Content creator

Latar Belakang Munculnya Aliran Khawarij

Diperbarui: 2 Juli 2024   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

      Khawarij : aliran teologi pertama yang muncul dalam dunia Islam. Mulai timbul pada abad ke-1 H/ 8 M (pada masa pemerintahan Ali). Dilatar belakangi oleh adanya pertikaian politik antara Khalifah Ali dan Muawiyah (dalam menjabat gubernur syam).Ali terpilih menjadi khalifah dan mau tidak mau semua harus mengikuti kebijakan Ali (menurunkan semua gubernur yang telah diangkat oleh khalifah sebelumnya). Namun Muawiyah menolak memberikan baiat kepada Ali (tidak mau menyerahkan jabatannya sebagai gubernur karena merasa kuat menjadi gubernur selama 22 tahun).

      Kemudian Muawiyah membawa pasukan untuk memberontak Ali.Pertempuran antara pasukan Ali dan Muawiyah tidak bisa dihindarkan (terjadi di Siffin).Pasukan Ali hampir memperoleh kemenangan dalam perang Shiffin tersebut. Namun, tangan kanan Muawiyah ( Amr Ibn al-Ash) mengajak berdamai (tahkim/arbitrase) dengan mengangkatkan al-Quran ke atas (ali terpaksa menerima ajakan damai meskipun terpaksa karena ia suadah mencium kelicikan dibalik ajakan damai). Kemudian Keputusan tahkim bahwa Ali diturunkan dari jabatannya sebagai khalifah dan mengangkat Muawiyah sebagai khalifah pengganti Ali. Kaum Khawarij merasa kecewa dan saat itu pula mereka menyatakan keluar dari golongan Ali Ibn Abi Thalib (Mereka beranggapan bahwa tahkim yang dilakukan tidak berdasarkan al-Quran).

Ayat yang digunakan sebagai dasar kemunculan Aliran tersebut; al-Quran surat al-Maidah ayat 44 "Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, Maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline