Lihat ke Halaman Asli

opong sumiati

Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan, Perpustakaan Nasional, Pustakawan, Kepala Bidang Sertifikasi, Ketua Dua IPI, Asesor

Indonesian Librarian Went to IFLA-WLIC 2023: Pustakawan Berprestasi Terbaik TK Nasional 2023

Diperbarui: 20 Oktober 2023   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

from Opong Camera 

Tahun 2023 merupakan tahun perdana Perpustakaan Nasional RI mengirimkan tiga orang pustakawan terbaik Indonesia untuk mengikuti the International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA) World Library and Information Congress (WLIC) 88th IFLA General Conference and Assembly tahun 2023 yang dilaksanakan di Rotterdam--Belanda. Kongres ini merupakan acara dan wadah peningkatan dan pengembangan profesionalitas dan membangun jejaring kerjasama antar para insan profesional yang berkecimpung dalam bidang perpustakaan dan sain informasi dunia. Selain sebagai salah satu acara unggulan internasional dan bergengsi untuk sektor perpustakaan terutama perkembangan pada layanan perpustakaan dan informasi tingkat tingkat dunia, juga merupakan wadah atau peristiwa berbagi pengetahuan, pengalaman, inovatif dan inspiratif resmi antar pustakawan dan pekerja informasi.

Dengan demikian, tidak mengherankan lagi, apabila animo mengikuti perhelatan IFLA WLIC  menjadi salah satu impian semua pustakawan dunia. Suatu pengalaman menarik apabila dapat turut mengikuti secara langsung tidak mengikuti melalui sarana online, lalu berkontribusi sekaligus meramaikan acara tahunan dunia kepustakawanan tersebut.

Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pembinaan Pustakawan menanggapi positif tentang harapan para pustakawan ini. Tujuan dari mengirimkan para pemenang terbaik ini adalah dalam rangka membuka mata dan jendela dunia untuk mengetahui kemajuan yang terjadi di dunia tentang kepustakawanan dan informasi. Sehingga para pustakawan tersebut dapat meningkatkan wawasan dan keilmuannya, bahkan dapat menerapkan best practise yang bermanfaat di unit kerjanya, terlebih apabila bermanfaat untuk lingkup nasional, yaitu Indonesia tercinta, dengan tetap memperhatikan kebudayaan  kita.

Pengiriman para unggulan ke event tersabut, diharapkan juga dapat memotivasi para pustakawan Indonesia lainnya, untuk terus berkarya sebaik mungkin sehingga mereka giat mempersiapkan diri untuk turut serta dalam pemilihan pustakawan berpresatasi tingkat nasional pada tahun yang akan dating.

Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional merupakan kegiatan rutin Perpustakaan Nasional RI yang dilakukan sekali dalam setahun. Namun, penyelenggaraan kegiatan rutin ini sempat terhenti satu tahun, yaitu pada tahun 2021. Hal ini beralasan, ketika itu sedang dilanda masa COVID-19 yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara tatap muka, juga dikarenakan ada restrukturisasi penganggaran yang dalihkan untuk mendanai penanganan COVID-19 yang sangat genting, pada tahun tersebut. Akibatnya, pelaksanaan pemilihan hanya sampai tingkat provinsi, tidak sampai pada tingkat nasional. Perpustakaan Nasional tetap menindaklanjuti para pemenang tingkat provinsi tersebut untuk tetap diapresiasi dengan melakukan presentasi secara daring terkait dengan karya tulis dan inovasi yang pernah dilakukan selama bekerja.

Alhamdulillah, ketika memasuki era kenormalan baru, Perpustakaan Nasional dapat kembali melaksanakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional pada Tahun 2023. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka lansung atau onsite di Jakarta. Sebenarnya, hal yang menarik terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 ini adalah, adanya perbedaan yang sangat signifikan, yakni berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan tidak dilakukan secara khirarkhi, yaitu dimulai dari pemilihan tingkat Provinsi atau Daerah lalu dikirim ke tingkat nasional. Tahun 2023 ini, mekanisme pemilihan dilaksanakan secara langsung, dilakukan oleh panitia nasional. Pustakawan mendaftar secara pribadi-pribadi, akan tetapi tetap diharuskan  yang bersangkutan mendapatkan surat rekomendasi dari instansi yang bersangkutan  dan melapor ke Dinas Perpustakaan Provinsi masing-masing.

Para peserta bisa ikut mendaftar langsung ke link yang disediakan Pusat Pengembangan Pustakawan-Perpustakaan Nasional RI, dengan mengirimkan fortopolio dilengkapi dengan dokumen pendukungnya, sesuai ketentuan administrasi yang tertera dalam flyer atau pedoman Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023.

Kegiatan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional tahun 2023 tersebut dilaksanakan 15-17 2023. Pembukaan dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Nasional RI, lantai 2 di  Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat.  Acara dibuka oleh Bapak M. Syarif Bando, M.M., selaku Kepala Perpustakaan Nasional RI, yang dihadiri oleh para peserta, dewan juri, dan tamu undangan lainnya. Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan penayangan video apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan ini dari para pegiat di bidang kepustakawanan lingkup internasional, yakni Mr. Josep M. Yap (President of Asia Community), Ms Lin Li SOH (Director Partnership National Library Broad, Singapura), Bapak Ghozali Mohammed Fadhil (Presiden Persatuan Pustakawan Malaysia), BFpak T. Syamsul Bahri (Ketua Umum Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia), dan Mr. Kevin Conrad T. Tansiongco, RL. (Vice President, Association of Special Libraries of the Philippines Inc.)

Panitia di tingkat nasional berhasil mengundang lima belas peserta yang maju ke babak penyisihan nasional untuk mengikuti tahapan seleksi yang dilakukan dewan juri Nasional berdasarkan hasil wawancara dan nilai presentasi. Kegiatan tersebut dilakukan di Hotel Grand Mercure Harmoni-Jakarta. Pada akhirnya, dari kelima belas peserta tingkat nasional terserbut diputuskan tiga orang pemenang peringkat pertama, kedua dan ketiga, ditambah peserta Favorit berdasarkan pooling media sosial yang dihitung panitia nasional.  Para pemenang terserbut adalah:

  • Peringkat pertama diraih oleh Novy Diana Fauzie (Pustakawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
  • Peringkat kedua diraih oleh Juznia Andriani (Pustakawan Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Literasi Pertanian, Kementrian Pertanian)
  • Peringkat ketiga diraih oleh Aris Nurohman (Pustakawan UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Sedangkan juara Favorit Versi Media Sosial didapat oleh Nadia Amelia Qurrota A'yunin (Pustakawan Direktorat Jendral Tenaga Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI)

Kepada para pemenang peringkat satu sampai dengan tiga , kepada yang bersangkutan diberikan hadiah berupa uang tunai, juga diberi kesempatan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk mengikuti IFLA-WLIC 2023 di Rotterdam, Belanda pada bulan Agustus 2023 lalu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline