Lihat ke Halaman Asli

Nanang Dwi

Tinggal di Bojonegoro

BPBD dan Tim Gabungan Gotong Royong Perbaiki Rumah Warga Korban Bencana di Pejok

Diperbarui: 22 Februari 2022   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

I Dok Kodim 0813

Bojonegoro - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan warga bergotong royong memperbaiki rumah warga Desa Pejok, Kecamatan Kepohbaru, Selasa (22/2/2022). Aksi ini juga bareng Pemerintah Desa, jajaran TNI Koramil 07/Kepohbaru serta jajaran Polsek Kepohbaru.


Aksi gotong royong ini memperbaiki rumah warga yang rusak tertimpa pohon akibat hujan disertai angin pada Senin (21/2/2022). Data BPBD Bojonegoro menyebut ada 7 rumah yang mengalami kerusakan dari musibah ini. Yakni rumah milik Tasmo dan Wasito yang mengalami rusak sedang, serta 5 rumah lainnya mengalami rusak ringan.

BPBD Bojonegoro telah melakukan assesment kepada rumah yang terdampak dan memberikan bantuan kepada 7 KK (Kepala Keluarga). "Menyikapi bencana hidrometeorologi yang saat ini masih berkembang, kami mengimbau masyarakat yang rumahnya berdekatan dengan pohon tinggi atau lapuk agar dipangkas," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bojonegoro Ardhian Orianto.  BPBD Bojonegoro, lanjut Ardhian, selalu siap siaga 24 jam menerima laporan dari masyarakat serta memberikan atau menyalurkan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk kedaruratannya. Laporan bisa disampaikan kepada pemerintah desa maupun kecamatan setempat atau melalui Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Bojonegoro.

"Jadi jam berapa pun jika ada kejadian, kami dari BPBD selalu standby untuk menampung laporan itu dan segera kita tindak lanjuti," tegas Ardhian.

Sementara itu, Koramil 0813-07/Kepohbaru turut membantu penanganan rumah warga yang terdampak. "Kerja bakti bersama dengan membersihkan reruntuhan pohon dan rumah ini dilakukan sebagai upaya respon atau cepat tanggap atas kejadian diwilayah binaan," ujar Kapten Inf Ilyas Rosidi selaku Danramil 0813-07/Kepohbaru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline