Lihat ke Halaman Asli

Nanang Dwi

Tinggal di Bojonegoro

Reformasi Birokrasi, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah: Pangkas Pelayanan Publik yang Ruwet

Diperbarui: 29 November 2021   12:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

I Dok. Pemkab Bojonegoro

Bojonegoro - Inovasi birokrasi ke depan harus cepat dan mudah sehingga masyarakat terlayani dengan baik. Hal ini disampaikan Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dalam upacara peringatan HUT ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia, di Halaman Pendopo Malowopati, Kabupaten Bojonegoro, Senin (29/11/2021).


Bupati Anna menjelaskan, pimpinan atau pejabat tinggi pun memiliki tanggung jawab yang sama. Yaitu tugas abdi negara dan abdi masyarakat. 

KORPRI harus mau dan mampu untuk berubah menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa dengan berkarya, berinovasi agar pelayanan publik semakin cepat, mudah dan semakin baik.

"Saya juga berharap seluruh KORPRI untuk terus bergerak mencari terobosan, melakukan inovasi, pelayanan yang tidak ruwet dan berbelit-belit. Yang menyulitkan rakyat harus kita pangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi. Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah," tegas Bupati.

Sebab, birokrasi bukan lagi berorientasi pada prosedur, tapi lebih berorientasi pada hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus bisa dipotong dan dipercepat dengan cara penerapan teknologi. Tugas birokrasi, memastikan rakyat terlayani dengan baik, serta program-program pembangunan dirasakan masyarakat manfaatnya.

Bupati Anna menyampaikan, melayani saja tidak cukup. Pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan, kecepatan, dan kesuguhan hati. 

"Mengakhiri sambutan ini, saya ucapakan selamat memperingati Hari KORPRI ke-50. Semoga Allah SWT meridhoi niat baik dan upaya kita semua dalam pengabdian kita memberikan makna bagi bangsa dan negara. Dirgahayu Korps Pegawai Republik Indonesia junjung tinggi Panca Prasetya KORPRI," pungkasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline