Lihat ke Halaman Asli

Nanang Dwi

Tinggal di Bojonegoro

Bupati Anna Mendorong Perempuan Bojonegoro Lebih Berpartisipasi dalam Organisasi

Diperbarui: 28 Oktober 2021   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

I Foto : Pemkab Bojonegoro

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar seminar penguatan partisipasi perempuan dalam demokrasi. Seminar yang digelar di hotel Bonero, Rabu (27/10/2021 )tersebut dibuka Bupati Anna Mu'awanah yang hadir secara virtual.

Seminar tersebut digelar setelah melihat peran perempuan dalam partisipasi politik di Indonesia masih kurang. Salah satunya tampak pada masih sedikitnya wakil perempuan yang duduk di kursi DPR. Padahal, pada sisi lain partisipasi perempuan dalam politik sangat penting dan besar pengaruhnya dalam mewakili kepentingan dan hak-hak perempuan. 

Seminar mengambil tema "Peningakatan Partisipasi Keterwakilan Perempuan di Lembaga Legislatif".Seminar dihadiri anggota DPRD Bojonegoro, Forpimca Kecamatan Kalitidu, Komisioner KPUD Bojonegoro, GOW, Muslimat dan Fatayat NU, penggerak PKK Bojonegoro, DPD Wanita Islam, DPC Wanita Khatolik, PD Aisyah.

Kepala Bakesbangpol Mahmudi S.Sos, MM. menyampaikan acara ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan gender. "Selain itu, untuk meningkatkan keterwakilan pererempuan dalam partisipasi politik, meningkatkan kualitas perempuan untuk berperan serta dalam pengambilan keputusan politik di Parlemen, serta meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan berwawasan gender," katanya.

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dalam sambutannya menyampaikan bahwa emansipasi perempuan harus dibarengi dengan peningkatan partisipasi perempuan dalam politik. Kesetaraan gender sudah pasti menjadi kesempatan untuk perempuan lebih memperjuangkan haknya di parlemen.

Peran perempuan, kata Bupati, dalam politik sangat penting. Oleh karena itu perlu dibarengi dengan pengetahuan dan ilmu yang kuat sebagai dasar untuk bisa memperjuangkan haknya. "Kita perlu lebih mendorong perempuan untuk lebih berpartisipasi dalam organisasi. Sehingga nanti kuota perempuan dalam parlemen bisa terpenuhi," terang Bupati Anna.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline