Lihat ke Halaman Asli

opi novianto

suka dunia militer

Kupas Datsun GO+ dari Sudut Awam

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1419690549493510559

[caption id="attachment_386578" align="aligncenter" width="300" caption="Datsun GO Biru Toska"][/caption]

Di antara Low Cost Green Car (LCGC) yang mewarnai jalanan Jabodetabek, Datsun GO termasuk yang paling menarik perhatian. Penampilannya bisa dibilang paling trendi di antara rekan-rekannya sesama LCGC. Apalagi yang berwarna biru toska atau tipe warna jade. Apakah interior mobilnya dan performanya secantik penampilan eksteriornya? Yuk kita buktikan bersama.Dalam acara Drive and Ride yang diadakan Kompasiana 21 Desember lalu, saya menjadi investigator dadakan bersama kompasianer lainnya. Oleh karena saya masuk dalam Tim Enam yang mendapatkan ‘jatah’ Datsun GO+ Panca, maka mobil LCGC bertipe MPV inilah yang akan saya ulik performa dan kapasitasnya dari pandangan orang awam.

[caption id="attachment_386581" align="aligncenter" width="535" caption="Datsun GO+ Panca Hitam yang Elegan"]

14196908201319453044

[/caption]

Dari segi eksterior, Datsun GO+ pantas menjadi juara di kalangan LCGC. Penampilannya tidak murahan. Datsun GO+ warna hitam ini tampil menonjol dengan penampilannya elegan dan berkesan macho.

Dari segi interior, saya mulai dari bagian paling belakang. Pasalnya, pada etape pertama saya kebagian duduk di kursi deretan paling belakang.

[caption id="attachment_386584" align="aligncenter" width="533" caption="Tombol untuk Masuk Bagian Belakang (Kiri). Baris Kedua Rebah (Kanan)"]

14196911251632676662

[/caption]

Adanya tambahan “+” pada nama Datsun GO merujuk pada keberadaan baris ketiga sehingga Datsun GO ini bisa dikategorikan sebagai MPV. Untuk masuk ke baris ketiga ini, saya menekan tombol untuk melipat baris kedua hingga menjadi flat yang terletak dekat head rest bangku baris kedua.

Baris ketiga ini memiliki jarak yang sempit sehingga saya yang tingginya 168 cm merasa sedikit kesulitan untuk mengatur posisi duduk yang nyaman. Oleh karena itu, menurut hemat saya baris ketiga ini lebih cocok ditempati anak-anak.

[caption id="attachment_386586" align="aligncenter" width="500" caption="Baris Ketiga Datsun GO+. Lebih Cocok untuk Anak-anak Sehingga Posisi Kaki Kurang Nyaman (Kanan)"]

14196913321358866402

[/caption]

Di tiap baris tempat duduk, termasuk baris ketiga, telah disediakan seatbelt sehingga berkendara dengan Datsun GO+ terasa aman. Namun untuk bagasi, fungsinya menghilang jika baris ketiga difungsikan sebagai tempat duduk penumpang. Tidak ada lagi ruang tersisa untuk bagasi ketika baris ketiga saya duduki. Akhirnya tas pun saya taruh di sebelah saya.

Fitur Datsun GO+

Untuk fitur kelengkapan, pintu depan sudah dilengkapi dengan power window dan slot rack untuk tempat menaruh minuman serta arm rest. Sehingga pengemudi dijamin lebih nyaman dan fokus di jalanan. Sedangkan penumpang di baris kedua perlu menggerakkan tuas jika ingin membuka atau menutup jendela. Ya lumayanlah untuk olahraga.

[caption id="attachment_386589" align="aligncenter" width="300" caption="Slot Rack dan Arm Rest"]

1419691585204908740

[/caption]

Tapi jika membuka jendelanya terkait dengan kebutuhan pemenuhan hawa sejuk, para penumpang baris kedua dan ketiga tidak perlu kuatir. Aliran udara dari AC dapat dirasakan sampai dengan baris ketiga. Posisi AC untuk penumpang baris kedua dan ketiga dialirkan dari konsol tengah, yang menyatu dengan kelengkapan audio single din.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline