Lihat ke Halaman Asli

Opa Jappy

Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

Serial Lansia: Waspada Mulut Pahit dan Mulut Manis Lansia

Diperbarui: 17 Maret 2022   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Mulut Pahit

Jejak digital menunjukkan bahwa, ada banyak penyebab mulut terasa pahit, antara lain, (i) sakit dan kesehatan gigi, gusi, dinding bagian dalam mulut, dan lain sebagainya (ii) bawaan bayi atau kehamilan (ii) gangguan lambung atau asam lambung naik; kerennya disebut gastroesophageal reflux disease atau GERD, (iv) stres dan kecemasan, (v) gangguan saluran pernapasan, (vi) kekurangan air liur sehingga mulut kering; umumnya akibat obat-obatan dan kebiasaan merokok, (vii) gejala menopause

Mulut Manis

Ini bukan tentang tanda atau rasa manis (seperti mulut pahit) di mulut, melainkan ungkapkan peribahasa, sikon psikologis, serta komunikasi antara orang dengan sesamanya ataupun komunitas; komunikasi terbatas maupun terbuka di hadapan publik.

Biasanya, mulut manis dihubungkan dengan kata-kata, ucapan, orasi, narasi yang bersifat meyakinkan pendengar agar ikuti maksud atau kehendak dari Yang Mengucapkan. Di dalamnya ada rayuan, ingkar, kebohongan, bahkan menjerumuskan Si Pendengar ataupun Komunitas.

Makanya, ada ungkapan, "Jangan Percaya pada Mulut Manis"

Dokumentasi Kompas

Serua, Ciputat Banten | Ada banyak penyebab mulut terasa pahit pada pagi hari atau saat bangun tidur. Kadang diikuti dengan, jika lihat melalui cermin, terlihat lapisan putih seperti susu di lidah. Tapi, beberapa menit kemudian atau setelah minum minuman panas, rasa pahit tersebut pun berlalu.

Hampir semua orang pernah mengalami mulut pahit, namun yang paling sering dialami adalah lansia. Hal tersebut karena, pada lansia, terjadi penurunan fungsi dan kualitas organ dalam dan luar tubuh. Apalagi, jika pada lansia tersebut, terjadi seperti i-vii di atas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline