Lihat ke Halaman Asli

Opa Jappy

Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

Hari Pers Nasional ke-22, Menghitungnya dari Mana?

Diperbarui: 10 Februari 2020   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kanal IHI

Lenteng Agung, Jakarta Selatan | Pers atau Press? Dua kata itu selalu muncul jika ada kegiatan yang dihubungkan dengan pemberitaan, publikasi, atau disiarkan ke publik. Paling tidak, ada sejumlah orang yang menggantung ID atau name tag di dada, dan tertulis PERS dan juga PRESS. Mana yang benar?

Press, sebetulnya, (pada awalnya) tidak dipakai atau dihubungkan dengan 'dunia atau media permberitaan. Kata ini, muncul di Inggris, tak berapa lama setelah lahir mesin cetak. Ketika itu, mesin cetak 'dilahirkan' sebagai kebutuhan untuk mencetak Kitab Suci dalam bahasa Inggris. Kemudian, berkembang (sesuai kebutuhan) untuk mencetak buku atau teks book pelajaran di Universitas (sebagai ganti teks book yang ditulis tangan atau pun masih tertulis pada perkamen.

Dalam perkembangan selanjutnya, sesuai kebutuhan, Negara (dhi. Kerajaan Inggris) membutuhkan lembaran-lembaran pengumuman-penguman penting untuk rakyat. Sehingga, para pencetak buku, pada masa itu, diminta untuk membuat hasil cetakan berupa lembaran-lembaran kertas yang berisi pengumuman dari Negara. Lembaran-lembaran tersebut, belum diberi nama; tapi karena ada tulisan-tulisan yang dibuat karena press (maksudnya huruf-huruf pada kertas adalah hasil dari logam yang ditekan atau press ke kertas). Satu dua lembaran atau kertas-kertas berisi berita itu disebut sebagai press.

Selanjutnya, sesuai kebutuhan banyaknya berita yang harus disampaikan ke/pada rakyat, maka percetakan mencetak lebih dari satu lembaran press. Lembaran-lembaran kertas berita tadi disebut sebagai Kerta (berisi) Berita (berita) atau Newspaper/s; dan diterbitkan secara berkala, sesuai permintaan Kerajaan atau pun pemerintah Kota.

Tak lama kemudian, setelah Inggris, berkembang di daratan Eropa, terutama Jerman; muncul pada tahun 1660 dengan nama Leipziger Zeitung; yang kemudian terbit setiap hari, sehingga dicatat sebagai Newspaper pertama yang terbit setiap hari.

Nah. Pada konteks kekinian, telah ada atau muncul mesin stensil (yang sudah tinggal kenangan),  mesin cetak tekan/press (juga sudah mulai ditinggalkan), dan kini mesin cetak elekronik (yang bisa menghasilkan ratusan ribu lembar hasil cetak); serta menghasilkan gambar, grafik, suara, dan lain sebagainya untuk dipublikasi. Apakah publikasi atau pemberitaan tersebut, masih dihubungkan dengan 'press?'

Press, yang diindonesiakan dengan kata Pers, entah siapa yang memulai,; sudah tepatkah. Sebab, di Indonesia, sama halnya dengan Luar Negeri, Pers dihubungkan dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan, membuat, serta memberitakan atau mempublikasikan berita.

Dan, kegiatan mengumpulkan, membuat, serta memberitakan atau mempublikasikan berita, 'disatukan' dalam satu frame 'jurnalistik.' Frame ini pun terasa 'kurang pas,' karena jurnalistik, sederhananya merupakan kegiatan yang dilakukan oleh jurnalis atau gampangnya pengumpul berita.

Jadinya, penggunaan, pers, press, jurnalistik, telah disamakan atau dihubungkan dengan Dunia Pemberitaan melalui media tertentu, misalnya cetak, penyiaran, tonton. Sehingga kesemuanya (malah) disatukan atau dibungkus dalam satu frame besar sebagai Pers.

Dengan itu, untuk cukup sulit menemukan makna (kata) Pers (pengindonesian dari kata press) atau menjelaskannya secara sederhana.

Lalu, apa makna pers yang biasa atau lasim dipakai? Agaknya, sudah tak mungkin membangun makna sesuai akar kata pers (yang lahir di Inggris). 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline