Lihat ke Halaman Asli

Opa Jappy

Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

Onta dan Anu, Humor atau Bully

Diperbarui: 21 Mei 2016   09:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada baiknya, anda membaca tulisan tulisan lama ini; sengaja ditempatkan diawal tulisan.

SUPLEMEN [Bukan Bagian dari Artikel]

Menurut kamus, bully: Jovial and blustering; dashing; a cruel and brutal fellow; a hired thug; a noisy, blustering fellow, more insolent than courageous; one who is threatening and quarrelsome; an insolent, tyrannical fellow; be bossy towards; discourage or frighten with threats or a domineering manner; intimidate; to intimidate with threats and by an overbearing, swaggering demeanor; to act the part of a bully toward; to act as a bully.

Tentu, anda yang jago bahasa Inggris lebih pahami maksud dan maknya; namun jika melakukan pemaknaann sederhana, maka bully sebetulnya merupakan kelakuan atau perilaku preman; ya perilaku preman pada Dunya yang dibawa ke Dumay.

Kemudian, jika bully ditambahkan kata cyber (siber) atau maya, maka menjadi Cyberbully - siberbuli, sehingga bisa bermakna perilaku bully pada Dumay.Apa sebutan paling pas untuk mereka yang suka membully tersebut;!? bullist, siberbullist, bullster, atau apa….;!? atau orang-orang yang suka membully di Dumay tersebut, cukup digelari Preman Dumay!? Entah, saya belum menemukan istilah yang tepat, maka untuk sementara kugunakan istilah Preman Dumay.

Jika pada Dunya, para preman melakukan ancaman, kata-kata kasar, intimidasi dan sejenisnya (dengan senjata tajam maupun api); maka para Preman Dumay, juga menggunakan sumpah serapah, kata-kata kotor, dan yang sejenis dengan itu; senjata yang mereka pakai, adalah keyboard dan tombol Qwerty pada notebook, laptop, pc, atau pun tablet, dan seterusnya. 

Preman Dumay bukan seorang Hacker (jika yang ini keterampilan dan penguasaan ITnya cukup atau tinggi); namun tak menutup kemungkinan ada juga Preman Dumay yang kuasai IT. Sangat jarang atau mungkin tak terdengar bahwa sorang Hacker melakukan Cyberbully.

Jika Preman Dunya beraksi secara gang/kelompok, maka Preman Dumay pun, biasanya melakukan aksinya sendiri; mereka bisanya menggunakan profile palsu (dan ini yang lebih serat sangat banyak; muncul di semua jejarin sosial, situs news, maupun blog dan website) atau pun yang benar (benar-benar memberi informasi profile yang sama dengan di Dunya). Mereka, para Preman Dumay tersebut, jika melakukan atau menjalankan aksinya sebagai seorang Cyberbully, akan terlihat perilaku Preman Dunya.

Bisa saja, seorang Preman Dumay, pada Dunya, ia pun adalah seorang preman; dalam arti, kelakuan dan perilaku hidup dan kehidupannya sama dengan para preman; atau ia begitu munafiknya dia di Dunya, sehingga tampil sebagai orang baik-baik, namun pada Dumay, ia adalah penjahat kelas kakap.

Tampilan, gaya, dan sifat pengecut para Preman Dumay tak jauh beda dengan Preman Dunya; para Preman Dumay (sok,’ jago, pintar mencaci, ancam/an, intimidasi, menantang dan lain sebagainya (dalam tulisan, komentar, tanggapan, dan lain-lain). Bahkan, jika mereka terdesak, maka gampang membuat janji bertemu di darat/tatap muka, namun karena sifat pengecutnya, maka tak mungkin ia datang.

[Oleh Opa Jappy/Kompasiana]

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline