Mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa selain Korean Pop (K-POP), Korea juga menjadi surga belanja kosmetik. Hampir di setiap sudut kota banyak sekali kita jumpai gerai toko kosmetik. Umumnya mereka menjual kosmetik merek Korea. Menariknya kosmetik di sini tidak hanya dipakai oleh kaum perempuan tetapi juga dipakai kaum laki-laki. Bahkan menurut laporan majalah GCI saat ini diperkirakan market share kosmetik untuk laki-laki mencapai 21%, angka yang sangat besar tidak hanya di Korea tetapi di seluruh dunia.
[caption id="attachment_323558" align="aligncenter" width="604" caption="Salah Satu Gerai Toko Kosmetik di Korea "][/caption] Jika kita melihat drama Korea, memang wanita dan pria Korea sangat rupawan. Kulitnya sangat halus dan menawan. Dalam sebuah kunjungan ke pabrik kosmetik, saya sempat sedikit terkejut ketika seorang pembicara mengatakan bahwa wanita di Korea setidaknya memakai 7 lapisan / layers untuk make-up mereka sehari-hari. Coba bandingkan dengan penggunaan kosmetik di Indonesia. Menurut teman saya biasanya wanita di Indonesia hanya memakai 2 sampai 3 lapisan / layers untuk make-up. Sedangkan laki-laki di Indonesia jarang mengunakan kosmetik.
Bagi kebanyakan orang Korea, memakai kosmetik tidak hanya supaya terlihat cantik atau ganteng, tetapi juga supaya menarik dipandang mata. “Image” memang sangat penting bagi mereka. Selain itu mereka memakai kosmetik karena juga tuntutan cuaca. Cuaca empat musim mengharuskan mereka untuk selalu tetap segar disetiap kesempatan. Tidaklah berlebihan jika pasar kosmetik di Korea begitu dinamis.
[caption id="attachment_323560" align="aligncenter" width="655" caption="Berbagai Macam Produk Kosmetik Korea "][/caption] Setiap kali ada teman yang datang ke Korea saya selalu merekomendasikan kepada mereka untuk membeli produk kosmetik Korea karena beberapa alasan berikut
(1)Harga
Harga kosmetik di Korea relatif lebih murah dibandingkan ketika kita membeli kosmetik di Indonesia. Harganya bisa mencapai setengahnya. Seorang teman yang baru saja berbelanja kosmetik di Korea sampai terheran-heran mengapa harganya bisa berbeda jauh. Hal ini karena mereka memproduksi sendiri dan jumlah pemakai kosmetik juga sangat besar di sini. Persaingan industri di sini sangat ketat.
(2)Bonus
Setiap membeli produk kosmetik di Korea, mereka selalu memberikan hadiah tambahan. Beberapa toko tidak segan-segan memberikan banyak hadiah tambahan untuk dicoba. Namun demikian ada baiknya Anda membeli barang tidak bersamaan waktunya atau dalam satu kali. Lebih baik Anda datang dan membeli beberapa kali. Hadiah yang Anda dapatkan akan semakin banyak karena setiap kali Anda membeli pasti Anda mendapatkan bonus tambahan.
(3)Diskon
Setiap ada hari khusus/tertentu di Korea mereka selalu mengelar acara diskon dari 20-70%. Menurut saya diskon di sini tidak selalu menipu karena harganya selalu lebih murah. Mereka biasanya menempelkan harga baru dari harga sebelumnya yang tertera di dalam produk tersebut. Jadi konsumen benar-benar yakin bahwa harga tersebut adalah harga paling murah yang dapat mereka dapatkan.
[caption id="attachment_323561" align="aligncenter" width="529" caption="Kemasan Yang Menarik"][/caption] (4)Kartu Keanggotaan/Membership
Jika Anda punya kartu keanggotaan dari salah satu merek, maka Anda akan mendapatkan diskon tambahan. Beberapa merek kosmetik sebenarnya masih tergabung dalam satu perusahaan yang sama. Satu kartu bisa dipakai untuk mendapatkan bonus atau diskon untuk membeli merek yang lain. Untuk mendapatkan kartu keanggotaan sangatlah mudah dan bisa langsung jadi.
(5)Pilihan Beragam
Konsumen sangat dimanja dengan banyaknya pilihan kosmetik dari berbagai perusahaan kosmetik Korea baik yang lokal maupun yang sudah global. Selain itu toko kosmetik ada dimana-mana baik di kota besar maupun kecil harganya juga tidak berbeda.
Lepas dari itu semua, saya sangat kagum bagaimana industri kosmetik di Korea berkembang begitu pesat. Mereka juga mulai menglobalkan merek-merek tersebut supaya dapat diterima di pasar internasional. Dengan jumlah penduduk sebesar 240 juta, Indonesia menjadi pasar yang sangat besar untuk kosmetik Korea. Semoga perusahaan kosmetik lokal bisa bersaing dengan membanjirnya produk-produk kosmetik buatan Korea.
Selamat menyambut Musim Semi yang akan mulai berlangsung bulan depan.
(Daejeon, 19 Februari 2014, Travel blog: Travel with Ony Jamhari).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H