Lihat ke Halaman Asli

Segmentasi, Target, dan Positioning

Diperbarui: 17 April 2020   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Segmentasi, target dan positioning
Langkah ini bisa membuat anda mengembangkan usaha yang sudah ada atau bagi yang ingin memulai usaha , sebagai usahawan anda juga harus bisa memahami segmentasi, target dan positioning karena jika anda memahami disana akan terbuka beberapa peluang buat anda yang berbisnis berikut ini akan menjelaskan

1. Segmentasi
Bisa disebut juga segmenting (segnenting pasar) dimana anda juga bisa mengatur dan mengelompokkannya dengan apa yang supaya yangdm di kelompok bisa sesuai kebutuhan dan tidak melenceng dari apa yang telah di sediakan jadii diseragamkan maka dari itu harus melihat dari pasar tersebut

2. Target
Bisa di sebut dengan targeting ( penentuan pasar sasaran) bagi pengusaha juga harus menentukan apa yang akan difokuskan dalam pasar itu pada suatu produk yang bisa menguatkan produk itu bisa dibilang kelebihan dari yang ada di pasar tersebut sehingga membuat konsumen tertarik

3. Positioning
Penetapan produk, mentapkan produk yang bisa bersaing di pasar sehingga produk bisa berjalan dengan semestinya dan juga penetapannya harus tepat pada sasarannya

Strategi produk, harga, promosi dan industri

1. Strategi produk
Yang mana suatu perusahaan membuat produk yang di inginkan oleh konsumen, dimana saat mengeluarkan suatu produk, atau pengiriman jasa juga harus tepat pada sasaran pemasarannya namun juga yang berkaitan dengan pengemasan, jamina, dan kualitas yang ada
Ada 3 bagian tentang strategi produk
* pemilihan produk
* pembungkus barang
* merek barang

2. Harga
Salah satu tokoh yang mengatakan bahwa harga adalah suatu nilai dari barang tersebut berdasarkan nilai tersebut seseorang atau perusahaan bersedia melepaskan beberapa nilai demi yang di tawarkan oleh perusahaan. Dan juga harga adalah satu-satunya faktor yang memiliki masukan yang menguntungkan perusahaan dari pada yang lain seperti: promosi

3. Promosi
Dimana memperkenalkan suatu produk yang akan di pasarkan di industri pasar dan sasarannya beberapa produkyng kita punya agar bisa mempengaruhi konsumen dan menjanjikan segala hal cara agar konsumen membelidan tertarik pada produk yang anda punya
Strategi promosi di bagi menjadi 3 : penjualan pribadi, penjualan massa, promosi penjualan adapun tujuan promosi adalah menarik konsumen mengenai keberadaan produk tersebut menjelaskan cara kerja produk dan meluruskan yang sudah dianggap miring dan juga membujuk konsumen membeli suatu produk dimana merubah persepsi yang awal

4. Industri
Yaitu suatu perusahaan membuat produk itu bisa sampai pada tangan konsumen, strategi ini juga penting bagi pengusaha konsumen dapat mempercayai dan juga perusahaan juga harus bisa menjalankan produknya dengan keadaan pasar yang induainya berbeda-beda




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline