Lihat ke Halaman Asli

Ongky Hojanto

Public Speaking Academy

Cerita Jenis Perumpamaan (My Friend John)

Diperbarui: 27 Juni 2023   10:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Teknik “My-Friend-John” dikembangkan oleh Milton Erickson, MD berdasarkan prinsip ini. John adalah subjek hipnotik imajiner yang seolah-olah duduk di sebelah subjek sesungguhnya. Erickson sakan mengarahkan sugesti-sugestinya kepada subjek imajiner itu, dan dengan cara itu ia membawa subjek sesungguhnya memasuki keadaan hipnotik.

Atau John sekadar diceritakan dalam obrolan santai Erickson dengan si subjek. Ini dilakukan, misalnya, ketika ia menangani pasien yang mengidap rasa sakit pasca-amputasi (phantom limb). Ia bilang: “John sungguh luar biasa. Dan aku bicara dengannya mengenai pentingnya memiliki perasaan tenteram dalam kaki kayu, lutut kayu, betis kayu.... Merasakannya hangat. Dingin. Santai.... Anda bisa saja mengidap simptom kegembiraan pasca-amputasi.”

Prosedur semacam ini juga bekerja efektif pada pasien resisten. Dalam hal ini Kita bisa mengepung subjek resisten tersebut dengan subjek-subjek yang memiliki penerimaan baik. Proses tanggapan ideodinamik (baik ideomotor maupun ideosensory) akan terjadi secara otomatis dalam diri subjek yang resisten saat itu mendengarkan sugesti dan melihat respons orang lain. Atmosfer hipnotik mempengaruhinya sehingga ia menjadi jauh lebih responsif ketimbang sebelumnya.

Berikut Ini Beberapa Konsep Dari My Friend John Yang Dapat Di Pilihan :



1. My Friend Was In A Similar Situation

Anda dapat menceritakan seseorang yang berada dalam situasi atau kondisi yang sama dengan mayoritas Audience Anda, apa yang dilakukan oleh orang tersebut sehingga dapat keluar dari kondisi itu dan apa hasil yang diperoleh oleh orang tersebut. Dalam hal ini seseorang yang Anda ceritakan itu merupakan rekayasa. Karena jika kisah itu adalah kisah nyata, maka Kita kategorikan sebagai Historical Story.

2. Someone They Respect

Mencari cerita jadi seseorang yang orang lain hormati dan kagumi serta apa pesan orang tersebut yang dapat disampaikan kepada Mereka adalah salah satu cara untuk memperkuat pesan yang Anda ingin katakan.

3. I Said To Someone

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline