Lihat ke Halaman Asli

Ongky Hojanto

Public Speaking Academy

Halu

Diperbarui: 22 April 2022   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Motivator | Pembicara  Impian bisa menjadi kenyataan atau tetap menjadi mimpi, tergantung pada rencana dalam mewujudkannya -- Ongky Hojanto

My life 10 years berisi 24 list yang di tulis oleh Wirda, putri ustad kondang Yusuf Mansur menjadi perguncingan di dunia maya. Bahkan poin ke delapan, memiliki penghasilan Rp 100 miliar perhari menjadi trending topic di twitter.

"Apakah hal ini bisa di capai ?" pertanyaan yang sering di tanyakan dalam kicauan yang ada.

Sebetulnya, paparan dari Griffin dan Ebbert (1996) mengatakan bahwa goal setting mempunyai dua karakteristik utama. Pertama, goal setting yang ditetapkan mempunyai derajat kesulitan menengah. 

Bila suatu goal terlalu mudah, goal tersebut tidak akan meningkatkan usaha dan motivasi. Tetapi goal yang terlalu sulit juga tidak memotivasi. Kedua, tujuan harus bersifat spesifik dan poin ini yang terkadang di lupakan.

Baca Juga : Ghosting Saat Public Speaking

Dalam membuat sebuah goal hal umum yang di lakukan adalah optimis dapat mencapainya sehingga munculah angka di luar "nalar" yang tidak dapat di telaah oleh rencana atau di jabarkan dengan strategi. Sebaiknya, hal pertama yang harus di kerjakan dalam membuat sebuah goal adalah realistis. 

Dimana goal yang di buat dapat di detailkan dalam bentuk rencana terukur untuk mewujudkannya karena tanpa sebuah rencana goal akan berubah menjadi mimpi di siang bolong.

Anda dapat menjabarkan goal menjadi realistis dalam menggunakan pertanyaan konsep 5W1H. Contoh : Penghasilan Rp 100 M perbulan.

(When) Kapan penghasilan tersebut di peroleh ?

(Why) Mengapa penting bagi saya mendapatkanya ?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline