Lihat ke Halaman Asli

Ongky Hojanto

Public Speaking Academy

Peran Penting Komunikasi Manajemen dalam Mengembangkan Bisnis yang Sukses

Diperbarui: 21 April 2022   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Motivator | Pembicara  "Communication is one of the most important skills you require for a successful life." - Catherine Pulsifer

Komunikasi manajemen adalah istilah yang digunakan untuk manajer yang mengatur dan memastikan karyawan mereka mendapat informasi yang baik tentang apa yang dibutuhkan dari mereka.

Ada berbagai jenis komunikasi dalam manajemen, tetapi untuk memulainya, seorang manajer perlu memiliki keterampilan interaksi yang lebih baik. Hal ini penting sebagai keterampilan interpersonal, karena seorang manajer menangani staf dari berbagai latar belakang yang berbeda, sehingga cara menyampaikan informasi juga harus berbeda.

Salah satu alasan utama penyebab gagalnya komunikasi di tempat kerja adalah karena karyawan merasa tidak dapat berkomunikasi. Banyak karyawan merasa mereka tidak memiliki suara di tempat kerja mereka, dan ini dapat menyebabkan produktivitas menjadi stagnan bahkan menurun.

Memfasilitasi karyawan untuk bersuara membangun kepercayaan mereka terhadap pimpinan. Dengan kombinasi kepercayaan dan komunikasi yang terbuka, aliran informasi dan tujuan dalam bisnis menjadi jelas dan stabil.

Berikut 3 Tips Manfaat Komunikasi Manajemen yang Baik :

1. Tingkat Efisiensi Lebih Besar di Tempat Kerja

Komunikasi yang lebih baik dengan karyawan mendorong arus informasi yang bebas melalui semua departemen yang berbeda, sehingga mengurangi risiko miskomunikasi yang dapat merugikan perusahaan.

Komunikasi manajemen yang lebih baik tidak hanya memengaruhi komunikasi antar karyawan, tetapi juga dapat berdampak signifikan pada hubungan dengan pelanggan. Komunikasi manajemen yang buruk dapat menyebabkan miskomunikasi nilai kepada pelanggan target dan mengakibatkan penurunan prospek.

2. Kinerja dan Kepuasan Karyawan

Jika karyawan senang datang ke tempat kerja, maka mereka akan lebih berusaha untuk mengerjakan tugas apa pun yang diberikan kepada mereka. Mengomunikasikan tujuan yang jelas kepada karyawan membuat mereka merasa percaya diri dengan apa yang harus mereka lakukan dan memaksimalkan waktu mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline