Lihat ke Halaman Asli

Yudi Yasmin Wijaya

Mahasiswa Fakultas Hukum; Universitas Jember

Program Magang Terstruktur: MBKM Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember di Pengadilan Negeri Jember Kelas IA

Diperbarui: 3 Februari 2022   15:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Magang merupakan suatu istilah yang biasa terdengar ditelinga kita, khususnya bagi pelajar yang sedang dalam pelaksanaan masa studinya di jenjang sekolah maupun perkuliahan. 

Dalam praktik-nya di masyarakat, magang merupakan suatu kegiatan yang dirancang agar dapat memberikan suasana kerja bagi pelajar yagn nantinya diharapkan dapat menjadi bibit unggul penerus bangsa. 

Fungsinya yang ditujukan untuk mendidik para pelajar ini, khususnya bagi mahasiswa telah menimbulkan inovasi yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan adanya pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Program bertajuk Kampus Merdeka ini memiliki tujuan untuk menciptakan suasana belajar yang terkesan memberikan kebebasan lebih bagi mahasiswa untuk belajar diluar kelas. Program MBKM ini terdiri atas empat program, yaitu: (i) Pertukaran Pelajar; (ii) Magang Terstruktur; (iii) Proyek Pemberdayaan Desa (SD2M), dan (iv) Penelitian.

Dokpri

Pada tanggal 28 April 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyatakan start awal dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan kompetisi hibah bagi Unviersitas di Indonesia, yang salah satunya diikuti dan dimenangkan oleh Universitas Jember. 

Pada ajang internal di Universitas Jember, Fakultas Hukum menjadi salah satu penyelenggara dari program MBKM; yang kemudian menjalin hubungan dengan mitra kampus maupun mitra pada instansi pemerintahan untuk melaksanakan program ini. 

Salah satu dari instansi pemerintahan yang termasuk dalam kerjasama pelaksanaan MBKM ini adalah Pengadilan Negeri Jember Kelas IA; yang sekaligus menjadi tempat bagi Penulis ketika mengikuti Program Magang Terstruktur MBKM ini.

Pada artikel ini, Penulis akan membagikan proses pelaksanaan Magang Terstruktur MBKM di Pengadilan Negeri Jember Kelas IA yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 1 Semester. 

Selain sebagai pra-syarat kelulusan; artikel ini disajikan agar Mahasiswa Calon Peserta Magang MBKM dapat menangkap gambaran mengenai proses dan manfaat, serta mungkin rintangan yang akan dihadapi selama melaksanakan magang:

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline