Lihat ke Halaman Asli

One Village One CEO

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim

Tim OVOC IPB Beri Pendampingan SOTK Kelembagaan di Pesantren Teknologi Pertanian Al Islam Tabalong

Diperbarui: 10 Desember 2023   00:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan SOTK Kelembagaan

Pesantren Al Islam Tabalong (26/10) - Mahasiswa IPB University yang tergabung dalam program One Village One CEO (OVOC) menyelenggarakan pelatihan "SOTK (Struktur Organisasi & Tata Kerja)" pada 26 Oktober 2023 untuk membantu pengurus kelembagaan pesantren dalam mengelola struktur organisasi yang jelas dan menghindari ketimpangan beban kerja. Pendampingan ini berlangsung di Aula Pondok Pesantren Teknologi Pertanian Al-Islam, Kambitin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus harian kelembagaan pondok, seperti sekretaris BPUP, bendahara BPUP, dan bendahara koperasi, serta santri aliyah kelas 3.

Pembahasan dalam pendampingan disampaikan oleh Bapak Bahroin Idris Tampubolon S.E., M.Si., Dosen IPB University. Materi melibatkan aspek-aspek seperti struktur organisasi yang efektif, penerapan PDCA (Plan, Do, Check, Act) untuk kelembagaan, penentuan tujuan melalui tiga level manajemen, pembuatan visi misi, dan topik terkait lainnya.

Sesi penyampaian materi oleh Bahroin Idris Tampubolon, S.E., M.Si.

Pendampingan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada santri dan pengurus pesantren mengenai cara mengelola kelembagaan dengan baik dan benar. Peserta pendampingan juga diajarkan untuk mengatasi masalah internal organisasi melalui metode problem-solving. Penerapan SOTK dianggap penting untuk menjelaskan struktur kelembagaan secara jelas sehingga dapat berfungsi dengan efektif dan terorganisir.

Dalam konteks pendampingan SOTK, santri dan anggota pengurus pokja memiliki kesempatan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan yang mungkin muncul dalam kelembagaan pokja di Pesantren Teknologi Pertanian Al-Islam. Pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan kelembagaan pesantren.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline