Lihat ke Halaman Asli

One Village One CEO

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim

Mahasiswa OVOC IPB Lakukan Tebar Benih Ikan Patin di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Kabupaten Tabalong

Diperbarui: 7 Desember 2023   00:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penebaran benih ikan patin di kolam ponpes Miftahul Ulum/Dokpri

Pada Kamis, 19 Oktober 2023, mahasiswa dari IPB University yang sedang mengikuti kegiatan MBKM Sociopreneur One Village One CEO (OVOC) melaksanakan penebaran benih ikan patin sebanyak 14.000 ekor di kolam ikan Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum memiliki dua kolam ikan patin, dengan luas satu kolam mencapai 17 x 30 meter, yang merupakan bagian dari Program Adaro Santri Sejahtera yang didukung oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Foundation. Kolam ikan patin menjadi salah satu inisiatif dalam program ini yang telah berjalan sejak tahun 2018. 

Meskipun mengalami progres signifikan setiap tahunnya, kolam ikan mengalami kendala pada awal tahun 2023 akibat longsor, yang menyebabkan pemberhentian budidaya ikan Patin selama sekitar empat bulan. Meskipun menghadapi kendala tersebut, semangat untuk memulai kembali budidaya ikan tetap tinggi. Hadi, selaku ketua kelompok kerja perikanan, menyatakan, "Kita tetap bersyukur dan semangat yang tidak pernah padam. Walaupun kolamnya longsor tidak menjadi kendala bagi kita untuk terus maju."

Perhitungan benih patin betina dan jantan/Dokpri

Setelah proses perbaikan kolam yang dilakukan pada bulan September, mahasiswa IPB melakukan kegiatan penebaran benih ikan patin. Dalam kegiatan ini, beberapa tahapan dilaksanakan, termasuk tahap aklimatisasi. 

Tujuan dari tahap ini adalah agar benih ikan patin dapat beradaptasi dengan lingkungan baru setelah perjalanan yang panjang dalam plastik. Proses aklimatisasi dilaksanakan selama 15-30 menit. Setelah aklimatisasi dan penebaran benih ikan patin selesai, benih tersebut diistirahatkan selama satu hari untuk mengurangi stres sebelum dilanjutkan ke tahap berikutnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline