Lihat ke Halaman Asli

One Village One CEO

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim

Mahasiswa OVOC Adakan Pelatihan Mandiri Seleksi Induk di Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Halong

Diperbarui: 6 Desember 2023   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seleksi induk ikan (dokpri)

Halong, 11 Oktober 2023 - Pada hari Rabu, 11 Oktober 2023, dilaksanakan kegiatan pelatihan mandiri seleksi induk di kolam budidaya perikanan Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Halong. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WITA dan diikuti oleh 4 anggota Pokja Perikanan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan seleksi induk, dengan materi utama difasilitasi oleh mahasiswa IPB University.

Pelatihan dimulai dengan pemberian materi dan arahan mengenai perbedaan karakteristik nila jantan dan betina. Materi disampaikan secara jelas dan mendalam oleh mahasiswa IPB untuk membantu anggota Pokja Perikanan memahami ciri-ciri yang membedakan kedua jenis nila tersebut.

Proses pengambilan ikan di kolam (dokpri)

Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi praktik langsung seleksi induk. Para santri dan anggota Pokja Perikanan diajak untuk mencoba membedakan nila jantan dan betina yang sudah matang gonad. Selama praktik, nila jantan dan betina dipisahkan di waring yang berbeda, dan para peserta juga melakukan perhitungan yang berkaitan dengan proses seleksi.

Pelatihan ini memberikan pengalaman baru dan pengetahuan praktis bagi anggota Pokja Perikanan di Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Halong. Harapannya, setelah mengikuti pelatihan seleksi induk ini, mereka dapat membedakan antara nila jantan dan betina dengan lebih baik berdasarkan ciri-ciri yang telah dipelajari.

Proses seleksi ikan jantan dan ikan betina (dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline