Lihat ke Halaman Asli

One Village One CEO

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim

Tingkatkan Pengetahuan Budidaya Kambing Melalui Kegiatan Kunjungan Industri ke CV Mitra Tani Farm Bogor

Diperbarui: 28 Oktober 2023   16:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kunjungan Industri ke CV Mitra Tani Farm Bogor (dokpri)

Kambing merupakan hewan yang sering dianggap sebagai simbol keindahan pedesaan. Budidaya kambing adalah proses pemeliharaan dan pengembangbiakan kambing untuk berbagai tujuan, seperti produksi daging. Peternakan kambing adalah salah satu jenis usaha peternakan yang cukup menjanjikan, terutama bagi pemula yang ingin terlibat dalam bisnis peternakan. Peternakan kambing bisa dilakukan dalam berbagai skala, mulai dari peternakan kecil hingga besar. Hal ini tergantung pada tujuan peternak, sumber daya yang tersedia, dan tingkat komitmen. Penting untuk memahami manajemen kesehatan, pakan, reproduksi, dan manajemen usaha secara keseluruhan untuk sukses dalam peternakan kambing.

Peserta MBKM Sociopreneur One Village One CEO (OVOC) melakukan kegiatan studi industri kambing ke Mitra Tani Farm pada tanggal 26 Agustus 2023. Kegiatan studi industri ini dilaksanakan sebagai persiapan mahasiswa sebelum turun lapang ke Kalimantan. Saat ini Mitra Tani Farm dikelola oleh beberapa alumni IPB yang berkecimpung dalam hewan qurban dan hasil pengolahannya. 

Kunjungan Industri ke CV Mitra Tani Farm Bogor (dokpri)

CV Mitra Tani farm tidak hanya fokus pada peternakan hewan saja namun namun juga diolah seperti produk kerajinan kulit dan daging olahan yang dikemas dalam kaleng dan siap saji.  

"Pada awalnya MT Farm hanya berfokus pada hewan ternak qurban serta menyediakan aqiqah, namun MT Farm terus berinovasi dengan mengembangkan produk dan menaikan nilai jual sehingga menghasilkan produk siap saji yaitu makanan kaleng tanpa bahan pengawet, tanpa msg dan tahan hingga 3 tahun penyimpanan. Saat ini MT Farm memasarkan produk olahannya ke market place hingga dikenalkan ke berbagai negara seperti Qatar, Turki dan Jepang. " tutur Asep (karyawan MT Farm).

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan pada kunjungan industri ke MT Farm yakni pengenalan CV MT Farm, pembelajaran mengenai pemberian vitamin, obat dan antibiotik pada kambing, pemberian pakan pada kambing dan diskusi. Mahasiswa diharapkan dapat mengambil pembelajaran dari kunjungan industri ini dan dapat diimplementasikan ke masyarakat di Kalimantan untuk program One Village One CEO.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline