Lihat ke Halaman Asli

One Village One CEO

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim

Mahasiswa OVOC Didampingi BPSI Unggas dan Aneka Ternak Bogor Pelajari Budidaya Ayam KUB

Diperbarui: 28 Oktober 2023   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa OVOC Didampingi BPSI Unggas dan Aneka Ternak Bogor Pelajari Budidaya Ayam KUB (Dok. pribadi)

Peserta OVOC IPB University tahun 2023 melakukan studi industri ke BPSI Unggas dan Aneka Ternak (BPSI-UAT) yang berlokasi di Desa Banjar Waru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor (30/8). BPSI-UAT merupakan nomenklatur dari Balai Penelitian Ternak (Balitnak) dibawah koordinasi Pusat Standardisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PSIPKH). 

Studi Industri ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta OVOC mengenai ayam KUB sebelum diimplementasikan langsung kepada masyarakat dan mengidentifikasi permasalahan dari hulu sampai hilir. Studi industri diawali dengan pembekalan materi dan dilanjutkan dengan kunjungan ke kandang untuk melihat secara langsung proses dan hasil inovasi pengembangan ayam KUB oleh BPSI-UAT yang didampingi oleh Bapak Komarudin, S.Pt., M.Sc sebagai peneliti BPSI-UAT. 

"BPSI-UAT telah menghasilkan galur ternak lokal unggul, yakni Ayam KUB dan Ayam SenSi," jelasnya.

Mahasiswa OVOC Didampingi BPSI Unggas dan Aneka Ternak Bogor Pelajari Budidaya Ayam KUB (Dok. pribadi)

Ayam KUB merupakan ayam kampung unggul yang diseleksi untuk ayam petelur dan indukan penghasil DOC dalam memenuhi kebutuhan ayam kampung. Terdapat 2 jenis ayam KUB, yakni Ayam KUB-1 dan Ayam KUB-2 yang memiliki perbedaan pada pertumbuhan yang lebih cepat, produktivitas dalam menghasilkan telur, sifat mengeram, usia bertelur, warna kaki, bobot ayam saat panen, dan kondisi karkas atau daging. 

"Dalam membangun bisnis ayam KUB, sangat penting diperhatikan dalam hal sanitasi kandang, vaksin, biosecurity, dan analisis usaha untuk peternak. Pembangunan bisnis di bidang ternak khususnya ayam KUB harus mengetahui tujuan dan kebutuhan bisnis serta melakukan riset pasar," pungkasnya.

Mahasiswa diharapkan dapat membantu dalam menentukan strategi pemasaran, pengembangan jalur distribusi, perencanaan dan pembukuan keuangan, serta membantu dalam memberikan perawatan intensif untuk Ayam KUB ketika turun lapang ketika program OVOC dijalankan. Sehingga masyarakat dapat terbantu untuk memiliki usaha yang mumpuni.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline